Buton Raya

Nur Alam Amini Pemekaran Provinsi

Dialog Pemekaran Provinsi Kepulauan Buton yang dihadiri sejumlah tokoh.

Dialog Pemekaran Provinsi Kepulauan Buton yang dihadiri sejumlah tokoh.

BAUBAU,RS- Gubernur Sultra, Nur Alam menuturkan untuk memekarkan provinsi di Sultra menjadi daerah otonomi baru (DOB) tentu harus memenuhi syarat dan ketentuan yang telah diatur dalam undang-undang. Namun demikian pendekatan pemekaran Kepulauan buton itu bukan hanya melalui pendekatan politik semata melainkan pendekatan sosial ekonomi juga
perlu diperhatikan.

“Sultra hanya mengamini 1 daerah pemekaran provinsi baru yaitu provinsi Kepulauan Buton (Kepton), tidak ada yang lain. Jadi kalau ada ada isu ada daerah pemekaran baru lagi kitu semua diluar pengetahuan saya,” tuturnya.

Kata dia, pihaknya sangat optimis bila Kepton dimekarkan akan menjadi salah satu provinsi yang hebat. Betapa tidak, pulau Buton yang memiliki lokasi yang menghubungkan langsung dengan samudera atlantik dan samudera Hindia yang sangat memungkinkan menjadi provinsi Internasional.

“Ini yang harus kita bangun saat ini. Dipulau Buton khususnya dibangun sebuah pelabuhan Internasional yang bilaperlu kapal induk Amerika setiap bulannya dapat singgah di pelabuhan tersebut,” tambahnya.

Dia menambahkan, selain berpotensi sebagai provinsi Internasional, Kepton juga memiliki potensi wisata bahari yang tidak kalah saing dengan daerah lain bahkan diluar negeri sekalipun. Serta Kepton yang memiliki keanekaragaman budaya dimungkinkan menjadi potensi untuk dikembangkan menjadi daerah budaya.

“Tidak dapat dipungkiri Buton memilki kultur budaya yang memiliki sejarah yang membuktikan betapa tingginya nilai-nilai budaya dan adat istiadat di Buton ini. Bahkan kita juga bisa mengarahkan Kepton ini sebagai provinsi industri dengan kekayaan alam yang dimilikinya baik aspal, nikel, mangan dan berbagai potensi lainnya. Tinggal kita pikirkan saja mau kita arahkan kemana daerah ini, kalau kita hanya berangan-angan tanpa berbuat maka hal itu akan sia-sia,” jelasnya.

Dijelaskan, saat ini pihaknya tengah memikirkan upaya yang dilakukan untuk percepatan pemekaran provinsi Kepton ini. Sehingga pihaknya meminta seluruh elemen tanpa terkecuali untuk bekerjasama dalam upaya percepatan pemekaran daerah itu.

“Saat ini kita berpikir siapa bekerja apa untuk percepatan pemekaran Kepton ini. Jangan berpikir saling menjatuhkan. Kita harus buat konsep untuk Kepton ini mau diarahkan kemana nantinya kalau sudah dimekarkan,” tutupnya. (rs)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top