Headline

PU Akan Rehabilitasi Wilayah Kumuh

Lokakarya Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sultra membahas Program Peningkatan Kualitas Pemukiman (P2KP), Selasa (25/8).

Lokakarya Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sultra membahas Program Peningkatan Kualitas Pemukiman (P2KP), Selasa (25/8).

 

 

KENDARI – Dinas Pekerjaan Umum (PU) optimis mampu menghilangkan 1000 hektare wilayah kumuh yang tersebar di 17 kabupaten dan kota se-Sultra. Caranya, melalui Program Peningkatan Kualitas Pemukiman (P2KP).

Kepala Dinas PU Sultra, Laode Saidin Rere menjelaskan, dari 17 daerah, Kabupaten Kolaka memiliki wilayah kumuh paling luas.

“Kami sedang menggalang program peningkatan infrastruktur sebagai program nasional. Karena pemerintah melihat,  infrastruktur Indonesia jauh tertinggal dari negara Asia Tenggara. Di Asia, peringkat ke-58 dari 100 yang diteliti. Belum lagi untuk tingkat dunia,” kata Saidin, dalam lokakarya perumusan strategi dan gerakan bersama mengatasi kekumuhan, pemukiman padat dan kemiskinan Sultra, Selasa (25/8).

Saidin menjelaskan, P2KP memegang peranan penting untuk peningkatan penghapusan kemiskinan di Sultra. Namun, infrastruktur yang maksimal adalah dasar yang menyentuh masyarakat. Dengan tidak adanya program perbaikan dan pembangunan infrastruktur yang baik, maka perekonomian tidak akan berjalan baik. P2KP bisa sangat membantu masyarakat bagaimana merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan infrastuktur sehingga wilayah kumuh bisa teratasi.

“Solusinya, melakukan pelatihan peningkatan SDM, menurunkan anggaran yang sesuai dan cukup sehingga mewujudkan akses penduduk terhadap lingkungan pemukiman berkualitas,” tambahnya. (cr5/b/aji)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top