Headline

Dikbud Janji Benahi Kekurangan RKB

RKB

 

KENDARI – Beberapa sekolah di Kota Kendari kekuruangn Ruang Kegiatan Belajar (RKB). Kondisi itu mengharuskan sebagian siswa di Kota Kendari baik SD, SMP, dan SMA harus masuk belajar di siang hari.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kendari Makmur, mengatakan, salah satu penyebab kurangnya RKB di sekolah ialah karena tidak meratanya jumlah siswa di setiap sekolah baik SD, SMP, maupun SMA Negeri.
“Misal masyarakat ingin bersekolah di sekolah yang berada dekat dengan tempat tinggalnya. Jika fenomena ini terus terjadi otomatis sekolah yang berada di lokasi tersebut akan kelebihan siswa sehingga RKB pun akan kurang. Sementara, sekolah yang jauh akan kekurangan siswa,” jelasnya kepada Rakyat Sultra, kemarin.
Belum lagi, kata dia, kecendrungan masyarakat yang ingin bersekolah di sekolah favorit. Hal ini pula yang mengakibatkan jumlah siswa tidak merata di setiap sekolah. Tetapi, pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan sarana dan prasarana.
“Untuk meminimalisasi kejadian serupa, pada penerimaan siswa baru yang telah dilakukan kemarin, kami memberikan syarat kepada calon peserta didik yakni jarak tempat tinggal dan sekolah yang dituju,” ulasnya.
Salah satu sekolah yang kekurangan RKB adalah SMPN 20 Kendari. Kepala SMPN 20 Kendari Abdul Wahid, mengatakan, meskipun pihaknya memberlakukan double shift tetapi proses belajar tetap berjalan maksimal.
“Jumlah kelas yang kurang disekolah ini, juga dilatarbelakangi dengan lokasi sekolah yang berada di tengah pemukiman warga,” tandas Wahid. (p1/b/alp)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top