Headline

Bupati Minta Utang Pemkab Koltim Dihapus

Rakyat Sultra
KOLAKA – Menyoal pernyataan direktur Rumah Sakit Benyamin Guluh (RSBG) Kolaka, dr. Azis Amin tentang tunggakan utang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) kepada RSBG Kolaka sebesar 269 juta untuk program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang dinilai belum adanya kerjasama MoU antara pemkab koltim dan RSBG. Sementara itu, kerjasama hanya dilakukan pada masa pemerintahan Tony Herbiansyah sejak tahun 2014.

Dengan kejadian ini, berdampak terhadap tidak diterimanya masyarakat miskin yang berasal dari Koltim yang akan berobat ke RSBG Kolaka dengan menggunakan Jamkesda.

Hal ini mendapat reaksi dari orang nomor satu di Kolaka. Bupati Kolaka Ahmad Safei menyatakan akan menangani masalah tersebut secara tuntas. “Ketika saya mengetahui informasi tersebut melalui media saya menyatakan memgapa harus ada utang anak kepada bapaknya. Hal ini akan kami tangani demi masyarakat,” terang Safei.

Menurut Safei, apa yang dilakukan oleh dr. Azis bukanlah hal yang berlebihan sebab Kabupaten kolaka sebagai kabupaten induk dan kabupaten kolaka timur sebagai daerah kabupaten pemekaran baru dari kabupaten kolaka, hal yang sifatnya untuk kepentingan rakyat kolaka timur juga merupakan bagian dari kolaka.
“jadi saya kira tidak ada salahnya kalau pemda kolaka hapuskan utang itu nanti pemda kolaka yg anggarkan dalam apbd utk membayar utang itu k blud rs benyamin guluh,” jelasnya.

Selain itu, mantan Sekda Kolaka ini juga menegaskan Koltim masih merupakan bagian dari Kolaka karena masih banyak masyarakat mengantongi indentitas Kolaka. ” KTPnya saja masih banyak berdomisili di Kolaka. Jadi tidak perlu lah ada utang seperti ini,” tutup Safei.(rs)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top