Headline

Dana Desa Harus Bisa Dipertanggungjawabkan

Jokowi Instruksikan Dana Desa Lebih Besar dari Dana K/L

Jokowi Instruksikan Dana Desa Lebih Besar dari Dana K/L

LASUSUA – Sehubungan mulai dikucurkannya dana desa tahap pertama di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kolut mengingatkan para kepala desa tentang pentingnya pertanggung jawaban penggunaan dana ini kedepan, sebab jika dana tahap pertama tidak bisa dipertanggung jawabkan dengan baik, maka desa yang bersangkutan tidak akan mendapatkan kucuran dana desa tahap berikutnya.

“Sesuai aturan, jika dana desa yang diturunkan tahap pertama sebesar 40 persen ini, tidak bisa dipertanggung jawabkan dengan baik, maka jangan harap desa yang bersangkutan akan mendapatkan kucuran dana desa tahap berikutnya,” tegas Kepala BPMD Kolut, Ashar SH MH, Selasa (4/8).

Menurutnya, sejauh ini realisasi penyaluran dana desa di Kolut sudah berkisar 30 persen dari seluruh desa yang ada di Kolut, “Jadi memang sudah ada sebahagian desa yang sudah action di lapangan, dan untuk desa-desa lainnya hingga saat ini masih dalam proses, jadi akan terus bertambah setiap saat, dan Bapak Bupati sudah mewanti-wanti agar dalam proses ini pihak BPMD tidak mengambil honor dari dana APBN ini,” jelasnya.
Dia juga mengingatkan agar penyerapan dana desa ini tidak tumpang tindih dengan penyerapan dana Alokasi Dana Desa (ADD) yang ada di desa-desa, “Karena kalau ini sampai tumpang tindih maka desa yang bersangkutan akan susah sendiri untuk pertanggung jawabannya kedepan,” ujarnya.
Untuk diketahui, secara keseluruhan total anggaran dana desa di Kolut mencapai Rp 34 miliar lebih, penyaluran tahap pertama sebesar Rp 13 miliar, dengan porsi anggaran Rp 200-300 juta per desa, tergantung jumlah penduduk, luas wilayah dan letak geografis desa masing-masing. (rs)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top