Headline

Medsos Jadi Media Kontrol dan Pembelajaran

Kepala Sekolah, Mansur Mokuni SPd MPd, didampingi para pengurus OSIS SMPN 5 Kendari, Selasa (4/8).

Kepala Sekolah, Mansur Mokuni SPd MPd, didampingi para pengurus OSIS SMPN 5 Kendari, Selasa (4/8).

KENDARI – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP) 5 Kendari akan segera melaksanakan salah satu program dibidang Dikbud, yang tentunya berkenaan dengan upaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.

Langkah yang dilakukan tersebut yakni dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada, dan umum digunakan oleh masyarakat. Selain itu, program tersebut juga merupakan bagian dari inovasi dalam upaya pengawasan terhadap siswa, agar bisa menggunakan internet secara positif.

Kepala SMPN 5 Kendari, Mansur Mokuni SPd MPd, Selasa (4/8) mengatakan, program tersebut akan dimulai pada beberapa bulan kedepan. Sedangkan untuk tahap ini telah berada pada pembekalan guru terhadap dunia internet.

Dia menerangkan, langkah tersebut juga sejalan dengan program Pemerintah Kota Kendari yang tengah beradaptasi dan menuju smart city dengan cita-cita besar, yakni bagaimana menjadikan semua sekolah yang ada di Kota Kendari sebagai sekolah digital berbasis teknologi informasi.

“Dengan begitu semua siswa kita dapat memperoleh materi pelajaran dari guru melalui internet melalui share aktif pihak sekolah, tanpa harus dibatasi dengan waktu di jam sekolah yang sangat terbatas. Pada sisi lain, secara otomatis akan terbentuk pengawasan terhadap semua siswa dalam hal pengambilan tindakan dalam menggunkanan media sosial. Misalnya, seperti penggunaan facebook,” tuturnya.

Dengan demikian, lanjutnya, maka para siswa yang biasa mengupload gambar dan jenis lain yang menyimpang dari pada didikan moral, termasuk biasa menulis kata-kata kasar, maka melalui program tersebut dapat mengubah para siswa melakukan kebiasan-kebiasaan baik, sebab mendapatkan kontrol.

Mansur menjelaskan, sitem kerja dalam program ini adalah pihak sekolah akan terlibat dan aktif pada media-media sosial yang diakses oleh siswa. Dengan cara itu, siswa akan dapat terkontrol dalam pergaulan media sosial. Pihak sekolah juga akan menyediakan situs khusus agar siswa dapat mengakses materi pelajaran dengan mudah. Hal tersebut juga dinilainya, akan sangat membantu dalam menunjang kualitas ilmu yang didapatkan oleh guru dan siswa, yang juga merupakan tuntutan ilmu pengetahun yang mengalami inovasi pada setiap waktu.

“Kita mencoba untuk memanfaatkan kemajuan teknologi guna pengembangan kualitas anak-anak didik di sini,” ungkapnya.

Dia menambahkan, adapun target SMPN 5 Kendari saat ini yakni, bagaimana menjadikan salah satu sekolah digital yang ada di Kota Kendari sehingga SMPN 5 Kendari dapat setara dengan sekolah-sekolah maju yang ada di dunia, khususnya terkait penyajian materi pembelajaran.

Program yang digadangkan tersebut, masih dia, juga sangat disepakati oleh seluruh siswa yang ada di SMPN 5 Kendari, karena mayoritas siswa SMP 5 Kendari aktif dalam penggunaan akses internet. (p2/a/put)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top