Buton Raya

Rekruitmen Tenaga Pendamping Dana Desa Mulai Dilakukan

ilustrasi

ilustrasi

BURANGA – Saat ini, proses penerimaan petugas pendamping dana desa yang akan bertugas mendampingi aparatur desa, dalam menggunakan dana desa mulai dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMD). Ketentuan tersebut berlaku secara serentak di seluruh Kabupaten kota se Sulawesi Tenggara, termasuk untuk Kabupaten Buton Utara (Butur).

Kepastian tersebut sebagaimana diungkap Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa di BPMD Butur, Miadin saat dikonfirmasi mengenai kapan waktu pendaftaran penerimaan tenaga kerja untuk pendamping dana Desa di Butur, Selasa (4/8).

Untuk penerimaan tenaga pendamping tersebut oleh BPMD Provinsi sudah mulai dibuka sejak 3 – 7 Agustus. Karenanya, seluruh warga Butur yang berkeinginan mendaftarkan dirinya sebagai tenaga pendamping dana desa, Miadin menyarankan untuk segera mendaftarkan dirinya.

“Proses penerimaan berkas sudah mulai dibuka sejak Senin tanggal 3 beberapa hari lalu, adapun batas waktu penerimaannya hingga tanggal 7 Agustus kedepan. Sedang untuk pendaftarannya, semuanya dilakukan di BPMD Provinsi dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan ,” ungkap Miadin.

Syarat dan ketentuan yang dimaksud jelas Miadin diantaranya ialah, jika untuk pendamping lokal Desa yang akan ditempatkan di setiap desa minimal pendidikan terakhirnya ialah SLTA atau sederajat, kemudian memiliki pengalaman berorganisasi dan pernah aktif dalam kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang relevan dengan kebutuhan pendampingan masyarakat. Adapun saol batasan umur, minimal usia 25 tahun dan maksimal 45 tahun.

Sedang untuk ketentuan pendamping Desa yang akan ditempatkan di Kecamatan nanti diantaranya ialah memiliki pengetahuan dan kemampuan dibidang pemberdayaan masyarakat, pengalaman organisasi, mampu melakukan pendampingan usaha ekonomi Desa.

“Syarat dan ketentuan administrasi yang harus dipenuhi pelamar adalah, surat lamaran kerja, biodata, foto kopi KTP, pasfoto berwarna ukuran 4×6, fotokopi ijazah terakhir, dan fotokopi bukti pengalaman kerjanya,” bebernya. (rs)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top