Headline

Saksi Fakta Dihadirkan di Sidang Penggusuran Rumah Pelanggar Sempadan

Rakyat Sultra
KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari sebagai tergugat atas kasus penggusuran rumah milik M Yusuf di Jalan Muhammad Yusuf nomor 20 beberapa waktu lalu, kembali digelar sidang di Pengadilan Negeri (PN) Kendari,Selasa (4/8).

Sidang kali ini, Pemkot diwakili Kabag Hukum Pemkot Mustand Pasaeno Kendari, menghadirkan saksi fakta atas nama Aidi Rere. Aidi Rere merupakan mantan Kepala Bidang Pengawasan Perumahan Dinas Tata Kota.

Kabag Hukum Pemkot Mustand Pasaeno mengatakan, saksi fakta merupakan saksi yang mengetahui langsung kondisi rumah saat sebelum dan setelah dibongkar karena dinilai melanggar semapadan jalan.

“Aidi Rere ini yang tugas di Dinas Tata Kota saat pembokaran rumah pak Yusuf. Dia yang tahu betul, makanya kita hadirkan sebagai saksi fakta,” terangnya.

Bukan hanya itu, pemkot juga berencana menghadirkan empat saksi lainnya, yang juga merupakan mantan petugas Dinas Tata Kota Kendari saat penggusuran berlangsung.

Hanya saja kata dia, para saksi itu bakal dihadirkan pekan. Sebab menurutnya, para saksi tersebut sedang bertugas di luar daerah.

“Selasa depan kami akan kembali hadirkan, empat orang saksi. Tapi para saksi ini lagi ada tugas di luar daerah,” ungkapanya.

Sementara itu, Saksi Fakta, Aidi Rere dalam kesaksiannya mengatakan, pihaknya harus mebongkar secara paksa rumah milik Yusuf. Sebab kata dia, selain melanggar sempadan jalan, rumah tersebut tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari dinas Tata Kota.

Bukan hanya itu, jauh sebelum ada penggusuran, pihaknya sudah melakukan teguran secara tertulis bahkan menemui langsung pemilik rumah yang mmerupakan salah satu pejabat di Kabupaten Muna itu.

Hanya saja pemilik rumah tidak mengindahkan perintah tersebut. Akhir cerita, pihaknya menggusur sebagian bangunan yang dinilai melanggar sempadan jalan.

“Kan kami sudah temui, sudah kasi teguran tertulis juga. Tapi kan tidak diindahkan, ya sudah kami gusur,” ungkapnya, di depan Hakim Ketua. (rs)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top