Headline

Sekretaris Umum DPD PAN Konut Dipecat

 

rgreherah

WANGGUDU – Putaran pemilihan kepala daerah di kabupaten Konawe Utara yang nantinya diselenggarakan serentak menjadi dinamika tersendiri. Di kubuh Partai Amanat Nasional (PAN) pun menjelang pendaptaran bakal calon memecat sekretaris umumnya, Iskandar Mekuo. Pertanyaan dikalangan umumpun merebak mempertanyakan apakah pemecatan tersebut sesuai mekanisme.

Menjawab persoalan ini, Ketua DPD PAN Konut, Raup yang juga sebagai bakal calon dari partai ini angkat bicara. Raup mengatakan, jika pengangkatan Sekretaris DPD PAN Konut yang baru telah sesuai prosedural dan mekanisme partai.

“Tidak ada prosedur yang disalahi. Semuanya sudah sesuai dengan mekanisme. Penggantian itu bahkan langsung diambil alih oleh Dewan pengurus pusat,” katanya, saat dihubungi via telepon, Selasa (4/8).

Mantan Ketua DPRD Konut ini mengungkapkan bahwa alasan partai mengganti sekretaris karena mencoba menghala-halangi kader maju pada putaran Pilkada. Padahal sebelumnya dirinya telah dihubungi partai tentang adanya berkas yang harus dilengkapi dan harus dibubui tanda tangannya sebagai sekretaris.

“Sebelumnya kami telah menelponnya dan saat itu dirinya (Iskandar) mengangkatnya. Namun saat kita kerumahnya dirinya sudah tidak ada dan menghilang beberapa hari. Saya sendiri terpaksa menginap dirumah warga untuk menunggu kedatangannya,” jelasnya.
Mengenai sikap Iskandar ini, partai pun memutuskan menggantinya dengan sekretaris umum baru yang sekarang dijabat Kantan. Iskandar pun dianggap sudah tidak sejalan dengan partai.

Sementara itu, anggota komisioner KPUD Konut Divisi Hukum dan Pengawasan, Abd Malik yang dikonfirmasi terkait keabsahan status sekretaris DPD PAN Konut yang dijabat oleh Kantan mengatakan jika dukungan partai PAN kepada pasangan calon yang beraknomin Konasara adalah sah mesti terjadi pergantian kepengurusan di DPD PAN Konut.

“Nda ada pelanggaran didalamnya, kecuali dia bergeser tanggal penetapan atau pengangkatan sekretaris pada saat pendaftaran. Namun, KPU tidak mempersoalkan pergantian kepengurusan di internal partai. Yang penting aturan yang dibuat oleh KPU itu yang kami laksanakan,”ucapnya sambil menegaskan jika dukungan PAN kepasangan calon Konasara tidak ada permasalahan.(*/a)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top