Headline

Danlanud: Kita Tunggu Arahan Panglima TNI

Marsekal TNI Agus Supriatna bersalaman dengan Gubernur Sultra Nur Alam, saat mengelar pertemuan di ruang tamu KSAU, Markas Besar TNI AU, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (4/8).

Marsekal TNI Agus Supriatna bersalaman dengan Gubernur Sultra Nur Alam, saat mengelar pertemuan di ruang tamu KSAU, Markas Besar TNI AU, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (4/8).

  • Rencana JAT TNI AU Tampil di Peran Saka Nasional

KENDARI – Agenda kegiatan nasional, Perkemahan Antar Satuan Karya (Peran Saka) Nasional 2015,  pada 3-9 Oktober 2015 mendatang akan digelar di Provinsi Sultra. Peran Saka Nasional Tahun 2015 akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Bukit Madani, Kendari, dan direncanakan dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

Sejumlah kegiatan direncanakan turut digelar dalam kegiatan nasioal tersebut, diantaranya  permintaan pemerintah provinsi menginginkan tampilnya Jupiter Aerobatik Team (JAT) TNI AU, diacara tersebut.

Gubernur Sultra Nur Alam juga telah melakukan pertemuan dengan KASAU Marsekal TNI Agus Supriatnam, bertempat di ruang tamu Kasau Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (4/8).

Kunjungan Gubernur Sultra tersebut selain bersilaturahmi, juga menyampaikan keinginan dari masyarakat Sultra, agar TNI AU dapat menampilkan Jupiter Aerobatik Team (JAT) di Sultra.

Pada pertemuan tersebut, Marsekal TNI Agus Supriatna didampingi Aslog Kasau Marsda TNI M. Nurullah, Asops Kasau Marsda TNI Barhim, Kadispotdirga Marsma TNI Nilhandri, Kadisfaskonau dan Kadispenau Marsma TNI Dwi Badarmanto, Kadisfaskonau Marsma TNI Ir. Samyoga.

Sedangkan Nur Alam didampingi staf, dan Komandan Lanud Wolter Monginsidi Letkol Pnb Rizaldy Efranza.

Ditemui terpisah, Danlanud WMI Kendari Letkol Pnb Rizaldy Efranza menuturkan, mengenai  permintaan tampilnya tim JAT TNI AU dalam acara nasional di Provinsi Sultra, saat ini masih dalam tahap usulan, untuk disampaikan ke Panglima TNI.

Dijelaskannya, saat ini KSAU masih menunggu arahan dari Panglima TNI, dan juga arahan dari Presiden RI, atas permintaan masyarakat Sultra. Apalagi direncanakan Presiden RI Joko Widodo hadir diacara nasional itu.

“Saat ini, Kasau masih menunggu arahan dari Panglima TNI. Jika tim JAT AU tidak ditampilkan dalam demo hari ulang tahun (HUT) TNI pada Oktober mendatang, maka bisa ditampilkan pada Kegiatan Nasional Peran Saka Nasional Tahun 2015, di Provinsi Sultra, yang rencananya akan dihadiri Presiden RI,” tuturnya.

Jadi lanjutnya, mengenai penampilan tim JAT AU di Provisi Sultra nantinya, saat ini masih menunggu arahan penuh dari Panglima TNI.

Selain itu, Rizaldy juga menyampaikan beberapa agenda kerjasama dengan pemerintah daerah provinsi Sultra juga siap dilaksanakan, diantaranya hibah monumen pesawat tempur, penempatan satu flight standby pesawat tempur, flypast flight Sukhoi pada HUT Sultra tahun 2016.

Juga rencana penggantian nama Lanud Wolter Monginsidi menjadi Lanud Haluoleo.

Untuk diketahui, Peran Saka adalah singkatan dari Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka. Perkemahan ini merupakan salah satu pertemuan pramuka khusus untuk anggota Satuan Karya Pramuka (Saka). Nasional merujuk kepada tingkat penyelenggaraan dan pesertanya di mana kegiatan ini dilaksanakan secara nasional dengan peserta yang merupakan perwakilan kwartir daerah se-Indonesia.

Peran Saka adalah pertemuan pramuka atau kegiatan bagi pramuka Penegak dan Pandega anggota Satuan Karya Pramuka (Saka) tingkat Nasional. Saka tersebut terdiri atas Saka Bahari, Saka Bakti Husada, Saka Bhayangkara, Saka Dirgantara, Saka Kalpataru, Saka Kencana, Saka Pariwisata, Saka Taruna Bumi, Saka Wanabakti, Saka Widya Budaya Bakti dan Saka Wirakartika.

Para pramuka Penegak dan Pandega anggota Satuan Karya Pramuka se Indonesia berkumpul bersama melaksanakan kegiatan dititikberatkan pada tiga pokok kegiatan yakni Pengenalan Saka, Pendalaman Krida dan Kegiatan Bakti. Kegiatan  tersebut dikemas dalam bentuk kegiatan Perkemahan dengan berbagai aktivitas yang bersifat aktif, kreatif, produktif, edukatif, inovatif dan rekreatif.  (ags/int)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top