Buton Raya

Songsong HUT RI, Warga Sibuk Latihan Berbaris

koran no satu-01

koran no satu-01

 

Baubau--Sudah jadi tradisi masyarakat Indonesia, setiap tahun jelang 17 Agustus, akan diperingati Hari Kemerdekaan Indonesia atau HUT RI. Salah satu bentuk perlombaan yang diselenggarakan pemerintah daerah, termasuk Kota Baubau adalah lomba gerak jalan.

Lomba gerak jalan jelang peringatan 17 Agustus, pesertanya biasanya dari semua elemen baik siswa SD, SMP, SMA, Karang Taruna Kelurahan, pegawai instansi pemerintah maupun swasta, juga tak ketinggalan kaum ibu-ibu dari Majelis Taklim Kelurahan serta Persatuan ibu-ibu PKK Kelurahan.

Menyongsong peringatan HUT RI 17 Agustus tahun ini, persiapan warga untuk Gerak Jalan.sudah sampai pada latihan baris berbaris.

Kegiatan.latihan ini dalam wilayah kota Baubau mulai memenuhi semua ruas jalan setiap kelurahan. Bunyi fluit komandan barisan sahur menyahuti dari setiap barisan. Tak hanya itu, arus lalu lintas juga ikut terganggu, kadang-kadang ada yang macet.

Menurut Lilim, pembina barisan Karang Taruna Kelurahan Wajo, latihan berbaris dilaksanakan setiap sore sampai malam hari.

“Tergantung teman teman kalau mereka semangat kita lanjut terus biar sudah malam,” ujar Lilim

Barisan Karang Taruna Wajo termasuk barisan paling besar dan panjang. Pesertanya terbanyak, mencapai 100 orang. Setiap tahun mereka tampil meriah dan selalu juara karena kepesertaannya yang berjumlah banyak, sebagai barisan terpanjang selalu.

Dengan barisan sepanjang itu dalam latihan.di ruas jalan yang dilewatinya menjadi macet.

Ruas jalan yang dipadati latihan berbaris dan sering mengalami macet, terutama yang berdekatan dengan sekolah-sekolah ataupun kantor pemerintahan. Antara lain di Wajib, Lamanya, Batulicin, Tanah Abang, Bone -bone, dan Tangana Pada. (Mun)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top