Buton Raya

Yusran Siap Kawal Provinsi Kepton

Anggota DPD RI H Yusran Asilondae

Anggota DPD RI H Yusran Asilondae

Pasarwajo – Anggota DPD RI H Yusran Asilondae menyatakan dukungannya dan siap mengawal usul pemekaran provinsi Kepulauan Buton (Kepton). Hal itu diungkapkan mantan wakil gubernur Sultra itu dalam lawatannya ke Kabupaten Buton guna melakukan reses.

Yusran juga berjanji seluruh masukan yang diserap dari hasil resesnya akan dibawahnya ke pusat untuk disampaikan. Dalam pertemuan yang digelar di kantor Bupati Buton, mantan Pj Gubernur Sultra itu diterima langsung oleh Wakil Bupati Buton drs La Bakry, Ketua DPRD Buton LM Rafiun dan dihadiri oleh para  Muspida, Kepala SKPD serta jajaran di kantor Bupati Buton. “Calon Provinsi Kepton mempunyai peluang yang sangat besar untuk mekar,” kata dia.

Lanjutnya hasil rapat kerja dengan pihak kementrian dalam negeri belum lama ini dalam grandesign wilayah yang dibuat untuk Sulawesi tenggara dibagi menjadi dua provinsi. Hal ini menjadi salah satu peluang besar untuk Kepton menjadi provinsi. Dia mengaku sejak dulu selalu mendukung perjuangan pemekaran provinsi Kepton, bukan nanti telah menjabat sebagai anggota DPD-RI.

Hanya saja lanjut dia dengan adanya Undang-undang No 23 tahun 2014 merubah kembali segala pengusulan yang sudah direncanakan sehingga perkembangan pengajuan berkas pemekaran provinsi Kepton masih terganjal di Provinsi Sultra. “Gubernur dan anggota DPRD Provinsi belum memparipurnakan pemekaran ini di Provinsi,” ujarnya.

Lanjutnya kalau sudah diserahkan di Pusat maka dukungannya untuk memekarkan Provinsi akan terus diberikan khususnya dalam mengawal pemekaran provinsi baru di Sultra. Namun dia juga meminta agar seluruh pihak memberikan dukungannya untuk memekarkan Provinsi Kepton tersebut apalagi berbagai masalah yang ada saat ini didaerah salah satu jawabannya dengan memekarkan Provinsi Kepton. “Kalau dari bawah memberikan bantuan maka yang diatas juga pasti akan membantu, ” ujarnya.

Untuk itu katanya pihaknya berharap agar semua pihak memberikan dukungan untuk pemekaran Provinsi Kepton yang tidak lain tujuannya untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sebelumnya Ketua DPRD Provinsi Sultra Abdul Rahman Saleh mengatakan dengan rampungnya berkas persyaratan Provinsi Kepton, maka dalam waktu dekat dirinya selaku pimpinan DPRD Sultra akan mengagendakan melalui Komisi I dan selanjutnya dibawah ke Bamus (badan musyawarah) untuk diteruskan ke paripurna. “Nanti kita juga akan mengundang seluruh kepala daerah yang masuk dalam cakupan wilayah Kepulauan Buton,” beber Abdul Rahman Saleh.

Ditegaskan Rahman Saleh, untuk dukungan DPRD Buteng terhadap pemekaran Provinsi Kepton masih ditandatangani oleh pimpinan sementara. Hal itu dikarena hingga saat ini DPRD Buteng belum memiliki pimpinan devinitif. “Buteng yang tandatangani masih ketua sementara dan itu tidak masalah. Tinggal kita tunggu saja devinitif, tapi itu bisa menyusul kemudian sambil berkasnya diproses,” tutupnya.(rs)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top