Buton Raya

Keseringan Mutasi, Serapan Anggaran Rendah

 

ilustrasi

ilustrasi

 

BAUBAU- Kinerja pemerintahan yang belum berjalan secara maksimal dan merata yang didasarkan oleh serapan anggaran disetiap perangkat kerja daerah  yang rendah merupakan dampak buruk mutasi yang gencar diserukan Walikota Baubau AS Tamrin.

Betapa tidak, para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) belum menunjukkan kinerjanya secara maksimal namun kebijakan mutasi oleh kepala daerah menjadi momok menakutkan yang selalu menghantui.

Anggota DPRD Kota Baubau, Muhammad Ishak Zuhur menuturkan realisasi penyerapan anggaran sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kota Baubau pada pelaksanaan APBD 2014 masih tergolong rendah. Mulai dari Dinas Pendapatan, Dinas Perhubungan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Kesehatan, Dinas Catatan Sipil, Dinas Kebersihan, Badan Pelayanan Perizinan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, bahkan RSUD Kota Baubau tak luput dari sorotan para wakil rakyat itu.

“Ketujuh SKPD itu diminta untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas peningkatan pemungutan retribusi daerah yang dapat meningkatkan PAD. Selain itu pula, DPRD Kota Baubau mendorong para pimpinan SKPD untuk lebih kreatif dan inovatif dalam merencanakan program kegiatan sesuai dengan visi misi Kota Baubau,” tuturnya.

Kata dia, disisi lain kurang efektifnya kinerja Pemkot Baubau dalam

realisasi anggaran diakibatkan mutasi pejabat yang berdampak pada tidak terealisasinya program kegiatan. Sehingga pihaknya meminta Pemkot Baubau agar berhenti melakukan mutasi pejabat demi menyukseskan visi-misi Pemkot baubau yang maju, sejahtera dan berbudaya.

“Jangan terlalu kesaeringan melakukan mutasi pejabat. Karena kalau sudah dimutasi waktu untuk menunjukkan kinerjanya tentu akan tersita. Untuk itu berikan ruang dan waktu yang cukup untuk mereka menunjukkan kinerjanya dalam membangun daerah,” tambahnya.

Walikota Baubau, Drs H AS Tamrin MH menuturkan pihaknya tengah melakukan sejumlah upaya dalam meningkatkan kinerja pemerintahannya agar target Pemkot Baubau yang tertuang dalam visi misi dan RPJMD Kota Baubau dapat segera terwujud. Salah satunya dengan melakukan pembenahan pada sistem birokrasi.

“Kami akan tinjau kembali kinerja para SKPD yang dinilai tidak bekerja dengan maksimal. Kalau mereka tidak mampu lagi bekerja maka bukan tidak mungkin pembenahan dan penyegaran ditubuh SKPD itu akan dilakukan kembali,” tambahnya.

“Kami mendorong para pimpinan SKPD untuk lebih kreatif dan inovatif dalam merencanakan program kegiatan sesuai dengan visi misi Kota  Baubau. Dan tentu dalam waktu dekat kami akan mengevaluasi kinerja mereka semua,” tutupnya. (rs)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top