Buton Raya

Tafdil Apresiasi Kinerja  Bhabinkamtibmas

Bupati Bombana H Tafdil  selain menjalin kerjasama dengan aparat kepolisian,  juga terus menggagas kerjasama dengan pihak TNI untuk membantu polisi dalam hal menciptakan ketertiban dan keamanan  di wilayah kerjanya.

Bupati Bombana H Tafdil selain menjalin kerjasama dengan aparat kepolisian, juga terus menggagas kerjasama dengan pihak TNI untuk membantu polisi dalam hal menciptakan ketertiban dan keamanan di wilayah kerjanya.

 

RUMBIA – Bupati Bombana, H Tafdil salud dengan kinerja Bhabinkamtibmas Polres Bombana dalam membina masyarakat. Dimata Tafdil Bhabinkamtibmas Polres Bombana dinilai kreatif  dalam menurunkan angka kriminalitas di daerah yang dipimpinya.

Adapun tugas pokok Bhabinkamtibmas yakni membina masyarakat agar tercipta kondisi yang menguntungkan bagi pelaksanaan tugas Polri di desa /kelurahan. Sesuai rumusan tugas pokoknya, maka lingkup tugas bhabinkamtibmas meliputi melakukan pembinaan terhadap warga masyarakat yang menjadi tanggung jawabnya untuk dapat meningkatakan partisipasi masyarakat, kesadaran hukum dan ketaatan warga masyarakat terhadap hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

Apalagi salah satu anggota Polres Bombana Bripka Supriadi berhasil mewakili Sultra masuk sebagai salah seorang nominator Kompolnas Award.

Dalam kegiatan Verifikasi dan Pendalaman Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Award Bupati Bombana, H Tafdil mengatakan, kreativitas yang dilakukan Supriadi Basir, seorang anggota polisi berpangkat brigadir kepala, telah membawa hal positif bagi masyarakat Bombana dengan merubah paradigma prilaku masyarakat yang awalnya memiliki dampak negatif kearah yang positif.

“Seperti yang dilakukan saat ini, mengubah air enau menjadi gula merah.  Padahal sebelumnya diolah menjadi minuman keras (tuak). Tidak gampang merubah pola pikir dan prilaku masyarakat, makanya kami akan mendukung kepolisian untuk saling mendukung dalam hal pemberantasan kriminal dimasyarakat,” kata Bupati.

Ketua PAN Bombana ini, mengapresiasi langkah Polri yang membentuk Bhayangkara Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas). Personil Bhabinkamtibmas ditempatkan di desa-desa untuk membantu keamanan.

Lewat Program Bhabinkamtibmas inilah muncul kreatifitas seperti yang dilakukan Bripka Supriadi Basir dengan menciptakan produk gula aren Pionir. Program ini diklaim berhasil menurunkan angka kriminalitas di Bombana.

Sementara itu, Kapolres Bombana, AKBP Sugeng Widodo pada kesempatan yang sama menyatakan, angka kriminalitas di Bombana berkurang drastis. Tahun 2012 angka kriminal berjumlah 123 kasus. Pada tahun 2013, turun menjadi 118 kasus. Pada tahun 2014 turun lagi menjadi 80 kasus.

Rata-rata jumlah tahanan Polres Bombana juga hanya berkisar lima orang, sedangkan di daerah lain berkisar 40 tahanan per bulan.

“Selain gula aren, Bhabinkamtibmas saat ini sedang melakukan terobosan baru seperti pengadaan alat tangkap ikan tanpa memakai bom lagi dan juga pengadaan sekolah dasar bagi masyarakat,” jelas Sugeng dihadapan Kepala Sekretariat Kompolnas Brigjen Pol Drs Achmad Jufri M Hum yang turut hadir didampingi Wakapolda Sultra. (rs)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top