Headline

Tak Bayar Kompensasi, PT TPM Didemo

reporter: SITI MARLINA
editor: INDAH ASTRYANI

Unaaha – Masyarakat Asinua melayangkan protes terhadap PT Tani Prima Makmur (TPM). Lewat aksi demo digelar di depan Kantor Camat Asinua, Senin (19/9), puluhan warga Asinua yang menjadi mitra PT TPM menuntut pembayaran kompensasi bagi hasil penjualan kelapa sawit PT Tani Prima Makmur.
Hampir dua tahun PT TPM diketahui sudah melakukan proses penjualan sawit. Namun, masyarakat yang lahannya dipakai sebagai kebun sawit oleh PT TPM tak kunjung menerima kompensasi bagi hasil.

PT. Prima Tani Makmur (Perusahaan Kelapa Sawit)

PT. Prima Tani Makmur (Perusahaan Kelapa Sawit)

Hal ini tak pelak memancing amarah warga setempat hingga menggelar aksi unjuk rasa. Demo Warga Asinua diterima Camat Asinua Pusnawir dan salah seorang anggota DPRD Konawe, Fakrudin

Dari tatap muka itu terkuak jika lahan kebun PT TPM di wilayah Asinua sejatinya merupakan milik warga setempat. PT TPM menjanjikan pola kemitraan bagi hasil bagi warga yang mau tanahnya digarap menjadi perkebunan sawit.

Kesepakatan bagi hasil saat panen antara warga dan PT TPM ini tertuang dalam lembar kerjasama diatas kertas. Warga dijanjikan mendapat bagian 35 persen dari hasil penjualan sawit.

“Kesepakatannya itu tahun 2010. Empat tahun panen sudah bagi hasil. Ternyata, ini sudah hampir dua tahun panen, tidak pernah ada realisasi,” ungkap Anggota DPRD Konawe dari Dapil Asinua, Fakrudin.

Demo PT TPM nyaris ricuh. Selain berorasi, warga melakukan aksi bakar ban di depan Kantor Camat Unaaha.
Demo disuarakan warga Asinua ini Kata Fakrudin, akan segera ditindaklanjuti DPRD Konawe. Dalam waktu dekat, pihaknya akan memanggil PT TPM guna mengklarifikasi masalah tersebut.

“Jangan sampai masyarakat diperbodohi. Hak mereka tidak dibayarkan oleh perusahaan. Mestinya mereka bisa lebih transparan karena lahan warga yang dipakai. Dan itu sudah tertulis di kerjasama awal. Mestinya komitmen itu diselesaikan,” ujar Fakrudin. (lin/ian)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top