Headline

Ada Danau Rahasia di Pulau Muna

 

Danau Randhano Ghage (Telapak kaki, red)

Danau Randhano Ghage (Telapak kaki, red)

RAHA, RSONLINE – Indonesia masih punya banyak destinasi keren yang tersembunyi. Pulau Muna di Sulawesi Tenggara punya Danau Randhano Ghage yang indah bukan main.

Bagi para pecinta petualangan, menjelajah Pulau Muna bisa menjadi pilihan. Ada danau indah bersembunyi di balik rimbunnya hutan bebatuan karst di sana. Randhano Ghage namanya.

Danau ini masih belum banyak diketahui, bahkan oleh masyarakat Lokal sekali pun. Danau yang berbentuk telapak kaki jika dilihat dari satelit Google Earth ini bernama Randhano Ghage, artinya sendiri adalah telapak kaki. Danau ini terletak di Tongkuno (kampung lama), Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Letaknya yang berada di tengah hutan dan akses jalan yang belum terbuka, membuat danau ini masih tersembunyi. Padahal keindahannya dan keunikannya tak kalah dengan danau lain.

Meski berada di tengah hutan, air danau ini adalah air asin. mungkin karena lokasinya tidak begitu jauh dari laut di sisi timur danau. Oleh karena itu, di dasar danau bisa kita temui terumbu karang dan ikan-ikan laut lainnya. Unik sekali.

Jika ingin ke sana, disarankan untuk menggunakan sendal gunung atau sepatu hiking. Karena, hutan di daerah Tongkuno ini adalah hutan pegunungan batu karst yang tajam, sehingga akan lebih nyaman jika kita menggunakan sendal gunung.

Dari Kota Raha, waktu tempuh untuk mencapai danau ini kurang lebih 2 jam, dengan rincian 1 jam perjalanan menuju Tongkuno, sekitar 40 menit perjalanan dari poros jalan Tongkuno memasuki kawasan hutan, bisa dengan kendaraan roda dua. Kemudian, kita 30 menit berjalan kaki dari lokasi parkir motor yang masih di tengah hutan juga menuju danau.

Bagi para pecinta petualangan, jalan-jalan ke Danau Randhano Ghage wajib dicoba. Selain perjalanan yang seru, pemandangan yang indah di sepanjang perjalanan, kelelahan dan keletihan kita pun akan terbayarkan saat kita disambut warna hijau Danau Randhano Ghage. (det)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top