Rakyat Sultra Online

Muna Raya

Dishub Rencana Tertibkan Ojek

RAHA – Dinas Perhubungan Kabupaten Muna kini mengambil inisiatif untuk memfasilitasi penertiban ojek yang ada di Kota Raha, Ibu Kota Kabupaten Muna. Pasalnya, ojek kini menjadi satu-satunya sarana transportasi umum dalam Kota Raha. Hal ini sudah berlangsung bertahun-tahun lamanya, sejak mobil angkutan umum dalam kota berhenti operasi.

Namun sayang, mereka tak dikelola dengan baik dan profesional sehingga kerap menimbulkan persoalan di masyarakat, misalnya ada kejadian oknum tukang ojek yang melakukan tabrak lari, membawa kabur belanjaan penumpang, hingga ada oknum tukang ojek yang melakukan perbuatan asusila kepada penumpang.

Diwawancarai jurnalis koran ini, Kepala Dinas Perhubungan Muna, La Oba mengungkapkan, ojek akan ditertibkan, sehingga Pemkab Muna melalui Dishub dapat mengetahui jumlah ojek yang beroperasi di Muna serta identitas mereka, sehingga keamanan penumpang yang menggunakan ojek di Muna dapat terjamin.

Selain itu kata Kadishub, penertiban ojek ini juga dalam rangka mengantisipasi masuknya ojek online di Muna. “Kalau ada pengusaha ojek online yang masuk ke Muna, maka kita akan rekomendasikan agar menggunakan jasa ojek yang sudah ada di Muna, karena mereka sudah terorganisir,” kata La Oba.

Olehnya itu kata dia, ojek-ojek yang ada di Muna harus membentuk wadah untuk bernaung. “Kita dari Dishub hanya memfasilitasi saja, ada wadah yang akan mengatur mereka. Ojek kita usahakan harus punya wadah,” tegasnya.

Melalui wadah ini maka ojek-ojek yang beroperasi di Muna dapat didata dan dibuatkan nomor identitas serta rompi khusus ojek, sehingga bisa dibedakan mana ojek resmi yang sudah terdaftar dalam wadah ojek dan mana ojek tak terdaftar. “Mengenai peraturan Bupati untuk penertiban dan pembentukan wadah para tukang ojek ini sudah diteken oleh Bupati Muna,” ungkap La Oba. (sra/aji)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk




©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top