Rakyat Sultra Online

Muna Raya

Pemkab Rencana Tata Kawasan Pantai

Surachman

LAWORO – Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Mubar) melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Penataan Ruang merencanakan penataan pembangunan kawasan wilayah pantai di Tondasi, Kecamatan Tiworo Tengah dan Pajala, Kecamatan Tiworo Tengah.

Kepala Bidang Sumberdaya Air Dinas PU dan Penataan Ruang Muna Barat Surachman ST MT mengatakan rencana penataan kedua wilayah tersebut telah dianggarkan melalui APBD 2018.

“Di Tondasi direncanakan adanya penataan pada fasilitas infrastruktur yang terintegrasi dengan pemanfaatan secara optimal kawasan mangrove. Harapannya jika kawasan mangrove yang ada di Tondasi ditata maka akan menjadi salah satu lokasi ekotourism berupa arena tracking mangrove,”jelas Surachman.

Dia menyebut, desain penanganan kawasan mangrove Tondasi akan dipresentasikan pada pemerintah pusat ataupun provinsi untuk ditindaklanjuti pembangunan fisiknya pada tahun 2018. Begitu pula untuk kawasan Pantai Pajala juga akan diintegrasikan penanganannya dengan penanganan yang akan dilakukan oleh Dinas Parawisata Kabupaten Muna Barat.

“Insyaallah desain penanganan kawasan mangrove Tondasi akan dipersentasikan pada pemerintah pusat dan pemerintah provinsi agar pembangunan fisisknya bisa ditindaklanjuti,” ujarnya.

Sehingga diharapkan dua lokasi yang menjadi titik perencanaan tindak penanganan kawasan pantai pada akhirnya dapat menjadi percontohan dalam pengembangan kawasan pantai yang ada di Muna Barat, khususnya pada kawasan Tondasi dan Pajala. Apalagi salah satu dari kawasan tersebut seperti pajala saat ini menjadi salah satu lokasi wisata yang diminati oleh masyarakat. (p1/b/aji)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk




©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top