Pendidikan

SMPN 12 Kendari Terakreditasi A

Proses belajar mengajar SMPN 12 Kendari.

KENDARI – Tidak hanya universitas yang butuh akreditasi, namun sekolah pun butuh akreditasi baik Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas atau sederajat juga perlu terakreditasi. Hal ini berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 32 tahun 2013, dimana sekolah butuh akreditasi. Ini dimaksudkan sebagai bentuk penilaian sejauh mana kelayakan sekolah dalam melaksanakan proses belajar mengajar.

SMPN 12 Kendari misalnya, sekolah yang dipimpin Sabil ini telah terakreditasi A pada akhir 2017 lalu dengan nilai 92. Dirinya, mengungkapkan, untuk memperoleh akreditasi pihaknya perlu memenuhi beberapa kriteria atau syarat-syarat diantaranya pelayanan dan dihubungkan dengan standar nasional pendidikan sesuai dengan PP nomor 32 tahun 2013 atas Perubahan PP nomor 19 tahun 2006.

“Berangkat dari PP tersebut, maka akreditasi untuk sekolah menjadi hal yang wajib karena dalam aturan yang telah tercantum dalam PP itu bahwa sekolah yang tidak memiliki akreditasi tidak boleh melaksanakan ujian nasional,” jelas Sabil, saat ditemui diruang kerjanya belum lama ini.

Selain mengarah kepada pelayanan, lanjut dia, standar kurikulum pun diperhatikan seperti KKN, kriteria ketuntasan setiap mata pelajaran, dan setiap kompetensi dasar. Termasuk kualitas latar belakang pendidikan yang dimiliki oleh seorang guru.

“Dimana seorang guru harus berpendidikan paling rendah adalah S1,” kata Sabil mengakhiri.(m2/b/efn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.




©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top