Konawe Raya

Surunuddin Minta Disdukcapil Optimal Melayani

H Surunuddin Dangga saat meresmikan gedung pelayanan Disdukcapil Konsel

ANDOOLO – Pemerintah daerah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) terus melakukan pembenahan khususnya terkait dengan pelayanan kepada masyarakat.

Salah satunya, dengan meresmikan gedung pelayanan administrasi kependudukan yang berbasis sistem informasi administrasi kependudukan.

Gedung tersebut merupakan salah satu pendukung dalam rangka memberikan pelayanan prima serta menciptakan tertib administrasi kependudukan bagi masyarakat Konsel dalam mendukung program nawacita.

Kepada maayarakat yang hadir dalam peresmian tersebut Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga ST MM berpesan agar menghindari calo dalam pengurusan data kependudukan.

“Silahkan bapak ibu mengurus sendiri data kependudukannya seperti KTP, KK dan Akta karena pemerintah melalui Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan telah memberikan kemudahan dalam proses penerbitan data kependudukan. Tidak perlu menunggu Lama jika hari ini diurus dan terpenuhi kelengkapan administrasi maka hari itu juga bapak ibu menerima hasilnya,” ujar Surunuddin.

Lebih lanjut Surunuddin menghimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan dengan baik fasilitas yang diberikan pemerintah karena fasilitas ini untuk pelayanan masyarakat.

Surunuddin kembali mengimbau tentang pentingnya data kependudukan seperti KTP Elektronik sangat penting karena semua sektor membutuhkan KTP. Dan juga terintegrasi dengan program program pemerintah seperti PKH, BPJS dan lain lain.

Orang nomor satu Konsel ini mengharapkan kepada pegawai untuk meningkatkan kemampuan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Selamat atas gedung baru ini, smoga pelayanan kepada masyarakat Konsel selalu ditingkatkan,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Konsel, Drs H Rustam Silondae M.Si menerangkan tentang sistematika pengurusan akta kependudukan yaitu 3 in 1 dimana hanya satu formulir isian untuk penerbitan tiga dokumen berupa KK, KTP dan Akta.

Kata dia, sampai saat ini di masyarakat Konsel yang memilik akta kelahiran sudah mencapai 82%, dan KTP telah mencapai 90%.

“Kita berharap masyarakat Konsel memiliki data kependudukan. Sebab, pengurusan data kependudukan gratis tidak dipungut biaya,” tandas Rustam. (ram/ian)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top