Pilkada

PPDP Diminta Berkerja Maksimal Sukseskan Pilkada

Komisioner KPU Sultra, Andi Sahibuddin, bersama rombongan saat melakukan coklit perdana daftar pemilih di Rujab Bupati Kolut

LASUSUA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) berharap para Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), dapat menjadi ujung tombak suksesnya penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra Juni mendatang.

Komisioner KPU Sultra, Andi Sahibuddin, mengungkapkan, PPDP yang telah angkat dan diberikan Bimbingan Teknik (Bintek), mulai melaksanakan tugas sejak tanggal 20 Januari, pelaksanaan tugas PPDP, lanjut Sahibuddin, akan dimonitoring dan disupervisi oleh Petugas Pemungutan Suara (PPS), dan selanjutkan akan dilakukan evaluasi setiap sepuluh hari, sehingga dalam waktu sebulan akan dievaluasi sebanyak tiga 3 kali.

“Tugas PPDP memastikan semua warga Kolut yang berusia di atas 17 Tahun, dapat menggunakan hak pilihnya pada Pilgub nanti, 10 hari pertama akan dievaluasi apakah ada masalah dilapangan terkait proses pencocokan dan penelitian data (coklit, red), misalnya ada nama pemilih yang sudah pindah domisili namun masih terdaftar di formulir AK-WK, maka masalah-masalah seperti ini akan segera di koirdinasikan dengan PPS,” jelas Sahibuddin, saat melepas PPDP Kecamatan Lasusua, Sabtu (21/1).

Mantan Komisioner KPU Kolaka ini, menambahkan jika ada warga yang telah meninggal dunia, namun namanya masih ada dalam formulir AK-WK maka ini juga akan segera dikoordinasikan untuk tidak dimasukan lagi ke dalam DPT. “Ditangan PPS dan PPDP sebagai unsur penyelengara, keberhasilan Pilkada akan ditentukan, mari menciptakan dan lahirkan pemimpin yang terpilih dari suara rakyat yang jujur dan adil,” seru Sahibuddin.

Usai melepas 12 orang PPDP Kecamatan Lasusua, Andi Sahabuddin bersama Ketua KPU Kolut, Asriadi Budiwan dan petugas PPDP, PPS, PPK mengunjungi Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Kolut untuk melakukan coklit perdana, dan diterima langsung Bupati Kolut, H Nur Rahman Umar dan Wakil Bupati, H Abbas.

Nur Rahman mengharapkan masyarakat Kolaka Utara harus pro aktif memberikan informasi yang benar dan jujur pada petugas. Sehingga nantinya tidak ada lagi miskomonikasi antara penyelenggara tentang DPT.

“Ini tugas negara. Kami sangat berharap agar semua masyarakat Kolut dapat berpartisipasi masuk dalam DPT dan dapat memberikan hak suaranya pada Pilgub nanti,” ujar Bupati. (r2/b/efn)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top