Headline

Wajah Langara Dirancang Jadi Pusat Kawasan Bisnis

Kepala Bappeda Konkep, Ir Abdul Halim MSi saat sedang memantau lokasi "Best Poin Langara" yang didampingi beberapa bawahannya.

LANGARA – Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) terus berpacu, memperindah wajah Kota Langara, yang sampai hari ini masih kelihatan kumuh. Melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), tahun ini wajah Kota Langara dirancang menjadi pusat kawasan bisnis, yang diawali dengan penyusunan master plan “Best Point Langara”.

Demikian yang disampaikan Kepala Bappeda Konkep, Ir Abdul Halim MSi, belum lama ini. Ia menjelaskan, kawasan best poin Langara ini meliputi, kompleks Koramil sampai dengan Desa Pasir Putih.

“Nah di sana itu, akan dijadikan pusat kawasan perdagangan barang dan jasa, Insaa Allah tahun ini akan dilakukan penyusunan master plan,” jelasnya.

Karena itu, kata Abdul Halim selain dilengkapi pasar dan terminal, juga akan dibangun fasilitas umum. Termasuk gelanggang remaja. Tapi ini baru konsep makro, lebih detailnya nanti akan dilihat pada Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota Langara.

“Jadi rumah-rumah warga yang ada di Lapulu itu akan direlokasi, sedangkan rumah sebagian warga akan tetap ada. Namun akan ditata sedemikian rupa agar kelihatan indah,” katanya.

Sementara, untuk wilayah pasir putih kata mantan sekretaris Bappeda Wakatobi itu, di sekitaran pantainya. Akan dijadikan ruang terbuka hijau. Sisa lahannya itu akan dibangun fasilitas umum, yang nantinya bisa mendukung aktifitas perdagangan barang dan jasa maupun aktifitas sosial masyarakat lainnya yang ada di sekitar best poin langara itu.

“Fisiknya itu menunggu selesainya dibangun jalan baypass di wilayah pasir putih. Kira-kira masih sekitar 1 kilo lagi, Insaa Allah 2019 akan tuntas pembangunannya, baru dilakukan pembangunan fisik Best Poin Langara,” tandasnya. (*/a)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.




©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top