Pilkada

Kandidat Gubernur Masukkan Berkas Perbaikan

KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra memastikan seluruh pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra telah memasukkan berkas perbaikannya ke KPU. Olehnya itu, KPU akan melakukan penelitian terhadap berkas yang kembali disetor pasangan calon.

Ketua KPU Sultra Hidayatullah mengatakan, batas penyampaian perbaikan berkas pasangan calon berakhir pada 20 Januari 2018. Saat ini mereka akan meneliti hasil perbaikan berkas tersebut.

“Penelitian berkas perbaikan ini mulai 19 Januari sampai 27 Januari 2018. Jadi waktunya masih lama,” ungkapnya.

Menurut Hidayatullah berkas perbaikan syarat calon agak mudah. Bahkan berkas yang perlu diperbaiki tidak ada yang rumit. “Karena berkas perbaikan ini hanya berurusan dengan lembaga lain seperti kepolisian dan pengadilan negeri. Dan semua berkas perbaikan itu sudah dimasukkan ke KPU Sultra,” akunya saat ditemui di Kendari, Senin (22/1).

Menurutnya berkas perbaikan yang disampaikan pasnagan calon akan dilakukan verifikasi faktual. Hal ini untuk memastikan apakah berkas yang dimasukkan ke KPU benar-benar dikeluarkan lembaga terkait.

“Misalnya, apakah benar kandidat sudah melaporkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara? Jadi kami ingin memastikan betul keaslian dokumen tersebut,” ungkapnya.

Mantan Anggota KPU Kendari ini menjelaskan, berkas yang diverifikasi nanti hanya menyangkut dokumen syarat calon. “Kalau persyaratan pencalonan kan sudah memenuhi syarat. Sekarang tinggal syarat calonnya. Jadi itu yang akan diverifikasi nanti,” katanya. (r1/b/ian)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top