Buton Raya

Pembukaan Lahan Baru Ditarget 1.000 Hektare

Ir Yusuf M.Ap

BURANGA – Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) melalui Dinas Pertanian daerah setempat terus berupaya mendorong animo masyarakat daerah itu untuk mengembangkan pertanian padi organik. Tahun ini bahkan ditergetkan adanya penambahan lahan pertanian baru sebanyak 1.000 hektar.

Kepala Dinas Pertanian Butur, Ir Yusuf mengatakan melihat animo masyarakat Butur terkait pertanian padi organik belakangan ini, tentu bukan hal yang mustahil untuk mewujudkan itu.

Sebab, masyarakat Butur kata dia punya antusias besar baik menambah ataupun membuka lahan pertanian baru asalkan ikut didukung dengan bantuan dari pemerintah baik berupa subsidi ataupun bantuan bibit.

“Tahun ini kita target ada penambahan lahan baru sebanyak 1.000 hektar,” ungkap Yusuf.

Dia menjelaskan, berkaca di tahun 2017 kemarin saat ditargetkan adanya pembukaan lahan baru seluas 400 hektar dengan bantuan subsidi. Awalnya memang sulit mencari dan memberi pengertian masyarakat, tapi lambat laun masyarakat pada akhirnya paham dan mau membuka lahan baru untuk menanam padi organik.

“Dulu awalnya kita datang tawarkan itu masyarakat. Sekarang masyarakatmi yang datang sendiri mau dibantu buka lahan baru,” sebutnya.

Yusuf sendiri merincikan jumlah lahan pertanian padi organik di Butur saat ini. Sejauh ini kata dia untuk luas lahan setidaknya sudah mencapai 1.334 hektar.

“Awalnya dari 234 hektar. Kemudian ditambah 400 hektar program pembukaan lahan yang di subsidi pemerintah berarti menjadi 600 hektar lebih. Ditambah sebanyak 700 hektar lahan milik masyarakat yang swadaya sendiri sehingga totalnya demikian,” jelasnya.

“Semua itu tersebar di seluruh Kecamatan yang ada. Dengan titik sentral di Kecamatan Bonegunu, Kulisusu Utara, dan Wakorumba Utara,” imbuhnya. (m3/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top