Kolaka Raya

Camat Diminta Meriahkan MTQ

KOLAKA – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-44 tingkat Kabupaten Kolaka bakal dilaksanakan di Kecamatan Toari, 3 Februari mendatang. Para camat diharapkan dapat memeriahkan kegiatan tersebut.

“Saya harap camat jangan memberikan penampilan yang biasa saja. Pelaksanaan MTQ harus meriah walaupun dilakukan secara sederhana. Dalam pelaksanaan MTQ di Toari, semua kecamatan harus mengikuti semua lomba yang ada. Saya ingin semua camat yang ada di Kolaka menampilkan hasil yang terbaik,” kata Bupati Kolaka, Ahmad Safei.

Dikatakan, pelaksanaan MTQ mempunyai tiga tujuan yang yaitu syiar agama Islam, kemudian memberikan hiburan kepada masyarakat, dan yang terakhir adalah memberikan peningkatan ekonomi kepada masyarakat diwilayah pelaksanaan MTQ.

Sementara itu, ketua LPTQ Kolaka Jayadin menambahkan, pelaksanaan MTQ di Toari akan berbeda dengan MTQ sebelumnya. “Kalau dalam pelaksanaan MTQ sebelumnya ada tari kolosal seperti biasanya, namun kali ini tidak ada lagi. Walau begitu, tidak adanya tari kolosal tidak mengurangi tujuan utama MTQ yaitu syiar agama islam,” ujarnya.

Jayadin juga berpesan agar setiap masyarakat bisa menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif selama pelaksanaan MTQ.

“Kita berharap agar pada saat kegiatan MTQ semua berjalan dengan aman dan nyaman,” pintanya.

Untuk diketahui, ada sembilan cabang lomba yang akan dipertandingkan pada pelaksanaan MTQ di Kecamatan Toari, yaitu cabang Tilawah Al-Quran meliputi golongan anak-anak, Tartil Al Quran, remaja, dewasa, cacat netra, Qiraat Murattal golongan remaja dan dewasa, serta Qiraat Mujawwad golongan dewasa.

Kemudian cabang Musabaqah Hifzh Al-Quran (MHQ), meliputi golongan 1 Juz dan Tilawah, 5 Juz dan Tilawah, 10 Juz, 20 Juz, serta golongan 30 Juz. Selanjutnya, Cabang Tafsir Al Quran, meliputi golongan Bahasa Arab, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Pada cabang Syarh Al Quran terdiri dari kategori putra dan putri. Demikian halnya untuk cabang Fahm Al Quran meliputi kategori putra dan putri. (p7/b/efn)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top