Pilkada

KPU Sultra Mulai Verifikasi Faktual Administrasi Cagub

KENDARI- Setelah masa perbaikan selesai pada 20 Januari 2018 lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra saat ini mulai melakukan verifikasi faktual syarat administrasi pencalonan terhadap bakal Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur Sultra.

Hidayatullah mengungkapkan, saat ini sejumlah komisioner KPU dan staf sudah jalan melakukan verikasi faktual syarat calon yang sudah diserahkan Cagub ke KPU.

“Sekarang ini, kami lagi jalan melakukan verifikasi faktual terhadap keabsahan syarat administrasi pencalonan Cagub-Cawagub,”terangnya, Selasa (30/1).

Dayat mencontohkan, Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang sudah diserahkan saat pendaftaran, meski sudah ada surat tanda terima dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), akan tetapi KPU tetap mengutus anggotanya untuk mengecek keabsahan hal tersebut.

“Ada komisioner yang kita utus untuk mengecek kebenaran dan keabsahan LHKPN paslon,”ungkapnya.

Nantinya ujar Dayat verifikasi hasil penelitian berkas dan hasil verifikasi faktual akan digabungkan.

Rencananya, sebelum tanggal 12 Februari 2018 atau sebelum penetapan calon tetap, semua berkas baik hasil perbaikan dan verifikasi faktual sudah harus rampung.

“Yang jelasnya sebelum penetapan calon tetap, semua berkas syarat calon dan pencalonan sudah harus selesai,”tuturnya. (p3/b/ian)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top