Kolaka Raya

Panwas Minta ASN Netral di Pilgub

RUMBIA – Panwas Kabupaten Bombana terus mengingatkam Aparatur Sipil Negara (ASN) diwilayah Bombana, kali ini Panwas mengingatkan kepada ASN agar tidak menyebut dan mengungulkan tagline Calon Gubernur (Cagub) Sultra.

Diketahui kandidat Cagub Sultra yang telah resmi mendaftarkan diri di KPU Provinsi yakni, Ir Asrun berpasangan dengan Ir Hugua dengan tegline SURGA. Ali Mazi SH bersama Lukman Abunawas dengan akronim AMAN dan Rusda Mahmud berpasangan dengan Syafei Kahar.

Ketua Panwas Bombana, Hadin Nompo SSos mengatakan, PNS wajib bersikap netral dalam Pilgub 2018 dan pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019. Entah itu sebagai juru kampanye maupun tim sukses. Apabila melanggar, maka ada sanksi berat yang menanti.

“ASN, khususnya di Bombana, tidak ikut dalam politik praktis. Sebab, sesuai dengan aturan yang diberlakukan MenPAN-RB, melalui sura edaran, ASN ditempatkan pada posisi netral,” katanya.

Lanjut mantan Kasubag Humas DPRD Bombana ini, perlu diingat ASN hati-hati dalam berucap, apalagi mendiskusikan Paslon Gubernur dengan mengungulkan satu Paslon dan membesar-besarkan nama teklinenya.

“Aturannya kan sudah jelas yang diberlakukan MenPAN-RB, di mana PNS tidak ikut terlibat dalam dukung-mendukung kandidat. Baik itu di media sosial Facebook,” ucapnya.

Tambahnya, Pihak Panwas tidak menutup diri, jika ada yang akan melaporkan adanya ASN yang ikut terlibat dalam mengkampanyekan kandidatnya, pihaknya akan bertindak.

“Ini masukan juga pada kami soal adanya ASN yang aktif turut dukung-mendukung kandidatnya di Pilgub Sultra. Jika memang ada buktinya, ya akan kita mintai klarifikasinya terhadap yang bersangkutan,” jelas Hadin Nompo. (*/b)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top