Buton Raya

Pemda Wakatobi Jadwalkan Konsultasi ke Pemprov

Rapat konsultasi pembahasan surat pemberitahuan penundaan Pilkades serentak antara Pemda dan DPRD Wakatobi, abru-baru ini.

WAKATOBI – DPRD bersama Pemerintah Daerah Wakatobi, melalui rapat konsultasi pada Selasa (30/1) sepakat bersama melakukan konsultasi terkait pelaksanaan Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2018 ke Pemerintah Propinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Keputusan ini diambil menyusul adanya surat pemberitahuan penundaan Pilkades serentak dari Pemprov yang dikeluarkan Sekretaris Daerah Provinsi Sultra Lukman Abunawas, dengan alasan untuk menjaga stabilitas keamanan Pilkada serentak (pemiliham Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/ Wakil Bupati pada dua kabupaten dan satu Wali Kota/Wakil Wali Kota).

Adanya surat tersebut juga memicu aksi protes dari sejumlah massa yang tergabung dalam LSM Karunia.

Dijelaskan, penundaan itu tidak ada hubungan antara Pilkades dengan Pilkada yang akan dilaksanakan Juni mendatang.

Dengan begitu, DPRD dan Pemda didesak tetap konsisten melaksanakan Pilkades serentak pada tanggal 8 April 2018, melibatkan 21 desa sesuai kesepakatan dalam rapat koordinasi beberapa waktu lalu.

Pasalnya dalam surat penundaan yang dikeluarkan Sekda Provinsi Lukman Abunawas tersebut, tidak dijelaskan secara detail, sampai kapan dilakukan penundaan.

Seharusnya surat yang diterbitkan bisa lebih jelas batas waktu penundaan, sehingga bisa diatur agenda pemilihan kepala desa serentak yang ada di daerah. Apalagi pemilihan kepala desa serentak dilakukan sekitar dua bulan sebelum Pilgub Sultra digelar.

“Dengan ini kita simpulkan, DPRD dan Pemda akan melaksanakan konsultasi ke Pemprov berkaitan dengan maksud dan tujuan surat dari Sekda Provinsi,” kata Ketua DPRD Wakatobi, Muhammad Ali.

“Dalam hal pentahapan Pilkades, keseluruhan proses terus berjalan sambil tunggu hasil konsultasi,” ungkapnya menutup rapat. (p14/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top