Headline

Ruksamin Resmikan Penggunaan Dua Embung Desa

Ruksamin saat meresmikan penggunaan embung desa

UNAAHA – Bupati Konawe Utara, Ruksamin meresmikan penggunaan embung Desa. Dua embung yang diresmikan ini terletak di Desa Laramo Kecamatan Lembo dan desa Matanggonawe Kecamatan Sawa.

Dua embung yang diresmikan ini diproyeksikan untuk mengaliri persawahan yang ada didua desa tersebut. Tak hanya untuk persawahan, embung itu menjaga ketersediaan air dimusim panas dan kering.

Ruksamin mengatakan, didua tempat ini diharapkan menjadi sentra pertanian. Khususnya didaerah Lembo yang pada tahun 2017-2018 ini telah dibuka areal persawahan yang kini luasnya 40 hektare.

“Kita sudah membuka areal persawahan di Kecamatan Lembo ini. Hanya saja selama ini warga menanam menyesuaikan musim, karena tadah hujan. Jadi embung ini kita bangun agar warga bisa menanam tanpa harus menunggu musim hujan lagi, ” jelasnya.

Sementara itu, untuk di kecamatan Sawa, embung ini akan mengaliri seluas 150 hektare areal persawahan milik warga. Dikecamatan ini menjadi areal terluas Di Kabupaten Konawe Utara untuk areal persawahannya.

“Dari 300 hektare areal persawahan yang potensial di Konawe Utara, disini sudah setengahnya yang terbuka. Setidaknya sampai saat inj areal yang terbuka kurang lebih 150 hektare, ” ucapnya.

Embung yang diresmikan bupati Konut ini merupakan hibah dari Kementerian Pertanian yang dialokasikan pada APBN Tahun 2017. Jumlah anggaran penggunaan Embung desa inj masing-masing Rp 300 juta yang pelaksanaannya dilakukan oleh Tim Pengelola Kegiatan desa.

“Kita harapkan masyarakat dapat memanfaatkan Embung ini dengan sebaik-baiknya. Tidak hanya persawahan, tapi bisa digunakan untuk usaha lainnya seperti pembibitan ikan, ” tuturnya via What Apps. (hdi/ian)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top