Buton Raya

Tim Asistensi Mabes Polri Pantau Kesiapan Polres Buton

Tim asistensi dari Mabes Polri, meninjau kesiapan Polres Buton dalam menjalankan pengamanan pada Pilgub 2018 nanti.

PASARWAJO – Suksesnya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tak lepas dari peran Kepolisian dan TNI, dalam menjalankan tugasnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Sehingga solidaritas Polri-TNI merupakan kunci dari suksesnya pengamanan Pilkada.

Untuk memastikan kesiapan Kepolisian dalam menghadapi Pilkada 2018 nanti, Kapolri Tito Karnavian tidak hanya melakukan koordinasi ditubuh Kepolisian saja, ia juga selalu menekankan kepada jajarannya untuk melakukan pendekatan dengan semua pemangku jabatan, baik TNI, Pemerintah Daerah, Bawaslu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Khususnya di Sulawesi Tenggara, guna mengantisipasi konflik sosial yang berdampak pada pelaksanaan Pilgub nanti, Tim pamatwil asistensi Mabes Polri yang dipimpin langsung Brigjen Pol Drs. Sutrisno Yudhi Hermawan mengecek kesiapan seluruh Polres di Kepulauan Buton, salah satunya adalah Polres Buton.

Brigjen Pol Drs. Sutrisno Yudhi Hermawan mengatakan sesuai perintah Kapolri, Pilgub Sultra harus berjalan lancar, aman, damai dan kondusif pihaknya melakukan pengecekan kesiapan Polres Buton dalam menghadapi Pilgub Sultra.

Disebutkannya, banyak hal yang mereka dalami diantaranya kesiapan personel serta hubungan koordinasi antara Polres Buton dengan Kodim, Panwaslu dan KPU.

“Sejauh ini sudah ada network yang bagus, tinggal menunggu Pilgub saja,” jelasnya ditemui di Mako Polres Buton, Selasa (30/1).

Ia menambahkan, sebagai jaminan agar masyarakat terlibat langsung dalam pesta rakyat lima tahunan, Kapolri telah meminta kepada jajarannya untuk melakukan koordinasi dengan para tokoh adat masyarakat setempat, tokoh agama, serta organisasi masyarakat, langkah ini sekaligus pencegahan sebelum terjadinya konflik.

“Agar bisa dirangkul ikut serta membuat Pilkada lebih aman dan nyaman. Sehingga saat hari pemilihan masyarakat sudah sadar bahwa tiap-tiap warga negara berhak memilih pimpinan ditingkat Provinsi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Buton, AKBP Andi Herman mengaku bersama jajarannya sudah siap untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi pada pemilihan Gubernur Sultra.

Bahkan ia juga mengatakan telah lebih dulu melakukan langkah-langkah pencegahan dengan melakukan sinergitas bersama KPU, Panwaslu dan TNI untuk bersama-sama mengamankan pesta demokrasi ini.

“Untuk personil sudah siap, kita juga sudah melaksanakan gelar pasukan dan pra ops,” ucap Kapolres yang syarat pengalaman menangani konflik saat Pilkada Buton dan Busel beberapa tahun lalu.

Pada umumnya, situasi Kamtibmas diwilayah hukum Polres Buton yakni Kabupaten Buton dan Busel tengah kondusif. Hal itu tidak lepas dari upaya Polres Buton dan TNI dalam menjalankan tugasnya sebagai penegak hukum sekaligus pelopor utama peduli terhadap masyarakat yang membutuhkan di wilayah hukum Polres Buton.

Pada Selasa sore (30/1) Tim dari Mabes Polri diwakili Brigjen Pol Drs. Sutrisno Yudhi Hermawan didampingi Kombespol Bahri, Kombespol Marjuki, dan Dir Sabhara Polda Sultra Kombes Pol Budi Waseno bertandang ke Mako Polres Buton, dalam rangka supervisi mengantisipasi konflik sosial dan operasi, Mantap Praja Anoa 2017-2018. (p2/a)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top