Muna Raya

Verifikasi Faktual, KPU Kunjungi Sekretariat Parpol

Komisioner KPU Muna, Suleman Loga bersama anggota Panwaslu Muna serta Ketua DPD NasDem Kabupaten Muna, Nurdin Olo saat verifikasi faktual parpol di Sekretariat DPD NasDem Muna , Selasa (30/1).

RAHA – Jelang pelaksanan pemilihan umum (Pemilu) 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna melakukan tahap ferivikasi lanjutan terhadap partai politik yang telah dinyatakan lolos secara administrasi. Selasa (30/1) KPU Muna mulai melaksanakan kegiatan verifikasi lanjutan terhadap 15 partai baru yang ada di Kabupaten Muna. Kegiatan ini akan berlangsung hingga 1 Februari 2018.

Partai Nasional Demokrat (NasDem) mendapat kesempatan verifikasi di hari pertama. Komisioner KPU Muna, Suleman Loga bersama petugas KPU Muna serta anggota Panwaslu Muna, Ali Darman, S.Sos langsung mengunjungi Sekertariat NasDem Muna di Jalan Sukowati Raha.

Pantauan jurnalis koran ini, kehadiran Suleman Loga bersama anggota Panwaslu Muna, disambut langsung oleh Ketua DPD Nasdem Muna, LM Nurdin Olo. Puluhan anggota DPD NasDem Muna juga sudah tampak siap diverifikasi oleh KPU dengan membawa serta bukti keanggotaan berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Tanda Anggota (KTA).

Kepada Rakyat Sultra, Suleman mengungkapkan bahwa tahap verifikasi ini merupakan lanjutan dari proses verifikasi sebelumnya, di mana parpol yang dinyatakan lolos administrasi, dilakukan tahap verifikasi berikutnya dengan mengunjungi langsung kantor atau sekertariat parpol untuk melihat secara ril kepengurusannya.

Ia mengungkapkan, ada empat hal yang akan diverifikasi dalam tahap ini yakni kepengurusan parpol yang meliputi, ketua, sekretaris dan bendahara, kemudian pemenuhan kuota 30 persen keterwakilan perempuan, domisili kantor tetap, serta syarat minimal keanggotaan seper seribu.

“Syarat minimal keanggotaan untuk Kabupaten Muna sebanyak 227 orang. Saat pendaftaran di KPU Nasdem menyertakan 400 orang anggotanya. Sesuai dengan aturan PKPU No.6 bahwa parpol yang menyerahkan anggotanya diatas 100 orang maka sampel yang diambil sebanyak lima persen. Kemudian kalau parpol menyerahkan anggotanya di bawah 100 orang, maka sampelnya 10 persen. Jadi keanggotaan NasDem yang akan kita verifikasi hari ini sebanyak 20 orang,” terang Suleman.

Di tempat yang sama, anggota Panwaslu Muna, Ali Darman,S.Sos mengatakan, kehadiran petugas Panwaslu Muna dalam tahap verifikasi ini adalah untuk melakukan pengawasan dan memantau jalannya proses verifikasi parpol yang dilakukan oleh KPU. “Kita pastikan proses verifikasi ini benar-benar berjalan sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang berlaku,” kata Ali Darman

Sementara itu Ketua DPD NasDem Muna, LM Nurdin Olo merasa optimis dapat lolos dalam tahap verifikasi yang dilakukan oleh KPU. “Seluruh persyaratan yang dibutuhkan dalam proses verifikasi ini kami sudah siapkan. Persiapan yang kami lakukan sudah cukup matang sehingga kami yakin bisa lolos untuk mengikuti pemilu 2019,” kata Nurdin Olo penuh optimis. (sra/aji)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top