News

Hadir di Muna, ‘Berkah’ Komitmen Tuntaskan Infrastruktur

RAHA – Pasangan bakal calon Gubernur Sulawesi Tenggara, Ir. Asrun dan Ir. Hugua (Berkah), menggelar pertemuan atau silaturahmi dengan para pendukungnya di lokasi Rumah Adat Kota Raha, Selasa sore (30/1).

Sosialisasi dan silaturahmi terbuka ini dihadiri oleh ribuan pendukung dan relawan pasangan Berkah di Muna. Dipanggung utama, hadir Bupati Muna LM Rusman Emba, anggota DPRD Sultra Hj. Wa Ode Farida Baharuddin, anggota DPRD Kota Kendari Umar Bonte, anggota DPRD Muna Awaluddin SP, anggota DPRD Muna Barat La Ode Koso, tokoh masyarakat La Ode Abdul Kadas, La Bunga Baka dan sejumlah tokoh lainnya.

Dalam orasi politiknya, Ir Asrun menjanjikan komitmen untuk membangun infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat di Kabupaten Muan, seperti jalan dan lain-lain.

Ditegaskannya, ketika dirinya terpilih sebagai gubernur mendatang, ia tak akan membangun karya monumental atau bangunan mercusuar, yang menelan biaya besar namun tak memiliki manfaat secara langsung untuk masyarakat.

“Ketika saya terpilih menjadi Gubernur, saya tidak akan membangun karya monumental yang tidak ada manfaatnya untuk rakyat. Tapi saya akan membangun fasilitas yang dibutuhkan masyarakat, seperti pasar, jalan dan lain-lain,” janjinya.

Khusus di Kabupaten Muna, mantan Walikota Kendari dua periode ini mengaku prihatin dengan poros Raha-Lakapera yang belum semuanya teraspal, padahal jalan ini berstatus sebagai jalan provinsi.

“Kemarin saya lewat dari Buton menuju ke Muna, jalannya rusak berat sampai sakit pinggang saya lewat. Ketika saya terpilih jadi gubernur, hal pertama yang akan saya lakukan adalah meneken anggaran pembangunan multi years, untuk Kabupaten Muna yang akan digunakan untuk pembangunan jalan dan infrastruktur lainnya,” janjinya.

Asrun juga mengatakan, suara di kabupaten Muna merupakan angka penentu bagi kemenangan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra tahun 2018 ini.

“Angka penentu paling besar di Pilgub Sultra tahun 2018 ini adalah suara di Kabupaten Muna. Saya yakin berdasarkan hitungan komposisi suara yang ada, kita akan menang besar dalam pilgub ini. Kita harus menang besar, tidak boleh menang tipis,”ujarnya.

Sementara itu, Ir Hugua sebagai figur putra daerah kepulauan yang memiliki pengalaman sebagai bupati wakatobi dua periode, menjanjikan menjadikan Muna sebagai salah satu kawasan wisata Internasional.

“Saya yakin kami adalah pasangan fenomenal dalam sejarah Sulawesi Tenggara. Kami berdua adalah seorang insinyur. Kalau Ir Asrun adalah seorang teknokrat yang memiliki latar belakang pendidikan enginering, tentu mengerti bagaimana membuat jalan yang berkualitas, membangun gedung, dan bandara yang berkualitas. Kalau saya insinyur pertanian, tentu mengerti kehidupan petani, nelayan, tapi jago juga dalam bidang pariwisata. Muna memiliki potensi yang luar biasa, saya sudah menyelam di bebetapa tempat di Muna. Insyaallah Muna akan kita wujudkan sebagai kawasan wisata internasional,” janjinya.

Pasangan Asrun Hugua juga mendapat dukungan penuh dari LM Rusman Emba, Wakil Ketua PDIP Sultra sekaligus menjabat sebagai Bupati Muna.

Ia juga mengungkapkan alasan mendukung pasangan Berkah.

“Saya sudah membangun komitmen dengan pasangan Asrun-Hugua, jika terpilih menjadi Gubernur Sultra, maka tahun pertama yang akan ia lakukan adalah membangun jalan-jalan provinsi yang ada di wilayah Muna. Jalan provinsi yang ada di Muna akan dilebarkan. Saya memberi dukungan full ini, bukan untuk kepentingan pribadi, tapi untuk kepentingan seluruh masyarakat Muna,” tutur Rusman.

Mantan Ketua DPRD Sultra ini, juga mengungkap tentang rencana membangun jembatan penghubung kabupaten Konsel dan Muna sepanjang tiga kilometer.

“Kalau jalan layang ini terhubung, maka tidak perlu lagi kita naik kapal ke Kendari. Hanya butuh waktu 2,5 jam dari Raha ke Kendari. Hal ini bisa terwujud jika kekuatan gubernur dan bupati bisa disatukan,” pungkasnya.

Rusman Emba juga memuji kemampuan Hugua dalam membangun daerah melalui sektor pariwisatanya.

“Sebelum mekar, Wakatobi adalah daerah yang terisolir, tapi siapa sangka kini telah menjadi salah satu top pariwisata nasional, hingga dunia,” ujarnya. (isr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top