Konawe Raya

Konawe Bakal Bangun Kawasan Warung Tani

UNAAHA – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Konawe bakal membangun Kawasan Warung Tani. Kawasan ini akan diperuntukkan sebagai sentra penjualan hasil pertanian warga di Konawe non peptisida.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Konawe, Muh Akbar mengatakan, pembangunan lods atau kawasan warung tani ini menjadi visi dinas ini. Adanya lokalisasi warung tani ini bisa dimanfaatkan warga untuk menjual hasil pertaniannya.

Dikawasan ini akan disediakan hasil cocok tanam para petani yang tidak menggunakan peptisida. Sehingga ketersediaan hasil pertanian ini bisa dipasok untuk kebutuhan warga di Konawe sampai kabupaten lainnya.

“Jika masyarakat Sultra mau memasok sayuran, tomat, cabai dan sayur-sayuran yang alami tanpa peptisida, bisa langsung ke Konawe. Disini kita akan sediakan kebutuhan itu, ” katanya.

Untuk ketersediaan hasil pertanian yang dijual dalam kawasan Warung Tani ini, Dinas Ketahanan Pangan akan mengoptimalkan penambahan keanekaragaman pangan. Salah satunya dengan ikut melibatkan masyarakat dalam meningkatkan pangan lokal melalui kelompok rumah pangan lestari (KRPL).

Di Tahun ini, Dinas Ketahanan Pangan Konawe mengalokasikan pemenambahan KRPL sebanyak 10 titik. KRPL ini diprioritaskan didaerah perkotaan tersebar di Kecamatan Tongauna, Puriala, Wawotobi dan Unaaha.

“Kita fokuskan bagian perkotaan, agar diwilayah ini juga bisa aman pangan dan lestari. Alangkah baiknya kalau masyarakat kota juga bisa menanam beberapa jenis sayur di rumahnya sendiri untuk dikonsumsi keluarga,” katanya.

Penambahan 10 KRPL ini bersumber dari APBD sebanyak lima titik dan APBN melalui anggaran tugas pembantuan sebanyak lima titik. (hdi/ian)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top