Metropolis

Rastra Akan Berganti Menjadi Bantuan Nontunai

Pemkot mengumumkan kedepan, Rastra akan digantikan bantuan bontunai.

KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menggelar rapat koordinasi (Rakor) pelaksanaan bantuan sosial beras sejahtera (rastra) dan bantuan pangan non tunai. Rakor dihadiri Bulog, Dinas Sosial Kota Kendari, anggota tim koordinasi program beras sejahtera Kota Kendari, para camat dan lurah, para anggota tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK), serta koordinator pendamping program keluarga harapan (PKH) dan dipimpin langsung oleh Sekda Kota Kendari Dr Alamsyah Lotunani, di Ruang Pola Kantor Wali Kota Kendari, Rabu (31/1).

Alamsyah Lotunani mengatakan, untuk periode pertama 2018 Pemkot masih akan memberlakukan program rastra namun pada periode berikutnya yakni bulan juli program rastra berganti menjadi bantuan pangan non tunai.

“Untuk pemkot kesiapan dalam menyalurkan bantuan non tunai sudah siap namun terkendala infrastruktur seperti bulog dan warung-warung yang sudah dikordoinasikan dengan perbankan berkaitan transaksinya,” ungkapnya.

Sehingga, Pemkot masih menjalankan secara manual yakni dari Bulog ke titik distribusi Kelurahan . Nanti masing-masing KPM mengambil dititik distribusi.

“Pemerintah hanya mengkordinasikan saja, sehingga saat ini cara manual masih kami gunakan,” ungkapnya.

Lanjutnya, untuk penyaluran rastra tahun ini, hanya 10 kg per kpm berbeda denga tahun sebelumnya yang tiap kpm dapatkan yakni 15kg. Namun tahun sebelumnya ada kewajiban masyarakat yang harus dibayar setiap kpm dengan harga tertentu tapi saat ini tidak ada pembayaran sama sekali yang dibebankan oleh kpm.

“Berasnya itu kualitas medium dengan gzi yang tinggi dan kadar gula rendah sehingga kandungan protein bisa tercapai,” ungkapnya.

Utuk tahun 2018 penerima rastra di Kota Kendari sebanyak 8781 kpm, sedangkan pada tahun 2017 berjumlah 8782 artinya ada pengurangan masyarakat tidak mampu penerima rastra.

” Ada sedikit pengurangan jumlah saat ini dibanding tahun sebelumnya,” tutupnya.(p6/b/alp)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top