Pilkada

Sejumlah Kendala Warnai Pemutakhiran Data Pemilih

pKENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra terus menggenjot pemutakhiran data pemilih dalam rangka pemilihan Gubernur Sultra 2018. Saat ini, sejumlah kendala mewarnai kerja petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) dalam melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah mengatakan, kendala yang ditemui petugas di lapangan adalah adanya warga yang tidak mau didata. Selain itu, ada pula warga yang ada dalam data pemilih tapi tidak berada di tempat.

“Pemilih tersebut berada di luar daerah dalam waktu yang cukup lama. Meski begitu, namanya masih ada dalam daftar pemilih. Data ini nanti akan kami cocokkan dengan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sultra,” ungkapnya saat ditemui di kantornya, Rabu (31/1).

Sejauh ini, pihaknya masih menunggu laporan resmi dari KPU kabupaten kota. Setiap 10 hari, katanya, KPU Sultra akan terus meminta laporan terkait pemutakhiran data pemilih tersebut.

“Sekarang, laporannya sedang dirampungkan. Nanti sudah rampung semua baru kita sampaikan lagi,” akunya.

Sejauh ini, KPU Sultra belum mau menyebutkan berapa jumlah data pemilih yang sudah dicoklit. “Rekapitulasinya ada. Hanya belum bisa disebutkan. Kami tunggu laporan resmi KPU kabupaten kota,” ulasnya.

Berdasarkan laporan yang diterima, ada PPDP yang sudah 100 persen merampungkan proses coklit karena mempunyai data pemilih sedikit. “Bahkan di daerah Muna Barat, pemilihnya ada tidak cukup 100 orang dan sudah selesai. Meksi begitu, data pemilih itu harus diakurasi,” pungkasnya. (*/a)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top