Metropolis

UNBK Harus Ditunjang Listrik Memadai

Sekolah-sekolah di Kendari terus berbenah menuju pelaksanaan UNBK. Salah satu harapan pihak sekolah, jaringan listrik yang memadai.

KENDARI – Hadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) berbagai sekolah di Sultra khususnya Kendari sudah mulai melakukan persiapan. Diantaranya melengkapi komputer, jaringan, hingga kebutuhan listrik.

Kepala SMPN 1 Mahdin, mengungkapkan, terkait penyediaan sarana dan pra sarana terus diupayakan. Adapun, jaringan pihaknya sudah melakukan kerjasama dengan PT. Telkom. Bahkan, dirinya mengklaim, jaringan internet yang dimiliki adalah jaringan yang paling cepat karena menggunakan viber optik.

“Insyaallah, menurut PT. Telkom kami memiliki jaringan yang cepat. Artinya, untuk jaringan kita sudah tidak ada kendala. Tinggal daya listrik yang masih perlu perhatian,” katanya.

Pasalnya, jelas dia, pelaksanaan UNBK ini bukan saja komputer dan jaringan yang dibutuhkan. Tetapi, listrik pun menjadi unsur utama. Sehingga, dirinya berharap hal tersebut dapat menjadi perhatian dari pemerintah Kota Kendari.

“Apalagi, tahun 2018 ini. Seluruh sekolah di daerah ini khususnya Kota Kendari akan melaksanakan UNBK. Berarti, daya listrik harus tersedia,” harapnya, Rabu (31/1).

Di SMPN 1 Kendari sendri, terang Mahdin, untuk listrik sejauh ini sudah tidak menjadi kendala. Dimana, sekolah yang dipimpinnya tersebut memiliki tiga meteran. Meskipun demikian harus tetap dievaluasi, utamanya daya listrik untuk wilayah Kota Kendari.

Adapun jumlah peserta UNBK di SMPN 1 Kendari, paparnya, sebanyak 285. Dengan jumlah peserta sebanyak itu, makakomputer yang dibutuhkan ialah minimal 100 unit. Selain menggunakan laboratorium komputer, pihak sekolah juga akan memanfaatkan laboratorium IPA.

“Tetapi diluar itu, kami akan dibantu dengan laptop dari peserta ujian atau siswa kelas 7 dan 8 tentunya hal ini membutuhkan persetujuan dari orang tua dan wali siswa. Mengingat, rata-rata peserta didik di sekolah ini sudah memiliki laptop,” tuturnya.

Sementara, masih dia, untuk kesiapan peserta ujian. Sejak awal Januari 2018 pihaknya sudah mulai melakukan pembelajaran tambahan.(m2/b/alp)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top