Headline

160 Jemaah Abu Tour Diberangkatkan Februari

Jemaah Abu Tour sedang konsultasi dengan pegawai Abu Tour Kendari.

KENDARI – 160 calon jemaah umrah Abu Tour asal Kota Kendari yang mengalami penundaan keberangkatan pada Januari 2018, dijadwalkan ulang untuk diberangkatkan pada Februari 2018 ini. Supervisor Abu Tour Kendari, Sapto Kamis (1/2), seluruh Indonesia termasuk Kendari jadwalkan ulang keberangkatan karena ada perubahan pajak dari Arab Saudi.

“Dari 24 Cabang Abu Tour yang tersebar di tujuh provinsi, semua mengalami penundaan keberangkatan termasuk jemaah umrah Kota Kendari. Penyebabnya adanya surat edaran dari Abu Tour pusat bahwa ada pajak lima persen yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi. Sebelum ada surat edaran itu, kami sudah siap memberangkatkan calon jemaah umrah. Kabar itu kami dengar dua hari setelah jemaah sudah manasik,” jelasnya.

Dia menambahkan, reschedul atau pembatalan pemberangkatan merupakan masalah biasa. Apalagi katanya, perubahan itu merupakan keputusan pusat. “Tetapi, kami akan bertanggung jawab dan tetap memberangkatkan jemaah. Ada deadline yang diberikan pemerintah yakni harus diberangkatkan 10 Februari, namun sudah ada yang berangkat sebelum tanggal tersebut ini artinya abu tour tetap komitmen,” tuturnya.

Katanya, untuk jemaah Kota Kendari sudah dipastikan akan berangkat pada Februari ini. Tinggal menunggu tanggal kepastian dari Abu Tour pusat.

“Dalam hal pembatalan pemberangkatan kita kembali berpikir bahwa ini adalah perjalanan ibadah yang tentunya banyak cobaan. Adanya pembatalan kemarin, kita petik hikmahnya saja, dan bersabar menunggu jadwal pemberangkatan. Insyaallah kami tetap berkomitmen memberangkatkan jemaah,” ucapnya.

Sapto mengakui, beredarnya isu bahwa Abu Tour batal memberangkatkan seluruh jemaahnya pada Januari 2018, berdampak pada sepinya pengunjung yang datang mendaftar melakukan ibadah umrah. “Masih ada yang berkunjung walaupun untuk mendaftar ibadah umrah reguler. Tetapi hanya sedikit,” tutupnya.

PT Amanah Bersama Ummat Abu Tours juga meminta maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang terjadi terhadap seluruh jemaah estimasi pemberangkatan Januari 2018. Adapun alasan perubahan jadwal dikarenakan adanya penyesuai biaya pajak sebesar 5% yang baru saja ditetapkan pemerintah Arab Saudi, dan jemaah akan diberangkatkan mulai 10 Februari serta tidak akan membebankan kepada jemaah pajak 5% itu. Pajak tersebut sepenuhnya akan ditanggung pihak Abu Tour. (*/b)

Rumah Makan Union Kendari
To Top