Rakyat Sultra Online

Headline

Pemkab Bombana Bantu Pengusaha Ikan

Bupati Bombana, H Tafdil bersama Wakilnya, Johan Salim menyerahkan mobil logistik ikan dilengkapi pendingin dengan daya tahan enam jam, kapasitas muat delapan ton.

RUMBIA – Pemerintah Kabupaten Bombana melalui Bupati, H Tafdil SE MM bersama wakilnya Johan Salim menyerahkan bantuan berupa mobil truk logistik ikan kapasitas delapan ton dan asuransi kepada sejumlah nelayan, Kamis (1/2) di Kantor Dinas Perikanan dan Kelautan Bombana.

Mobil logistik ikan ini dilengkapi dengan pendingin dengan daya tahan selama enam jam, sehingga ikan terus terlihat segar.

Bupati Bombana, H Tafdil mengatakan, dengan adanya bantuan ini sangat membatu masyarakat, apalagi kendala yang dialami masyarakat saat ini yaitu tempat penampungan ikan dan es.

“Proposal bantuan yang diapat hari ini terproses sejak lama. Jadi proposal yang membutuhkan bantuan seperti ini saya minta tolong sama pak Kadis Perikanan dan Kelautan untuk memprosenya lagi, karena bantuan dari kementerian itu setiap tahun,” kata H Tafdil.

Lanjut pemilik Randis DT 1 K , untuk asuransi nelayan yang telah diterima oleh alih waris itu digunakan sebaik-baiknya.

Ditempat yang sama, Kadis Perikanan dan Kelautan Bombana, Syarif SH mengatakan, dari 13 kabupaten kota yang menginginkan batuan ini, alhamdulilah hanya dua daerah yang terakomodir yakni Bombana dan Konawe Utara.

“Bantuan Kementerian Kelautan ini diberikan kepada pelakuk perikanan yang memiliki badan hukum,” ujarnya.

Tambahnya, untuk realisasi asuransi nelayan ada 11 orang nelayan, 10 orang meninggal dunia satu orang cacat kebutaan.

“Dari 11 itu, yang sudah klaim sembilan orang, duanya masih dalam proses. Untuk jumlah asuransi yang diterima sangat berfariasi, dari Rp 160 juta sampai yang terendah Rp 20 juta,” tungkasnya.

Sementara itu, Ketua Koperasi Nelayan Makmur, Kadir mengucapkan banyak termakasi atas bantuan yang diberikan terhadap Pemda Bombana.

“Kami selaku pengelut dunia usaha ikan, sangat terbantu. Selama ini banyak ikan-ikan kami yang busuk karena tidak ada tempat penyimpanan, dengan hadirnya mobil penampung ikan serta dilengkapi denga pendingin, ini sangat membantu kami untuk memasarkan ikan di daerah luar seperti Kolaka, Kolaka Utara dan Kendari,” kata Kadir. (*/a)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk




©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top