Rakyat Sultra Online

Pilkada

Semua Calon Komisioner KPU Berpotensi Lolos

KENDARI – Seleksi komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra dipastikan akan berlangsung ketat. Sejauh ini, empat komisioner KPU Sultra Hidayatullah, Iwan Rompo Banne, La Ode Abdul Natsir Moethalib, dan Tina Dian Ekawati Taridala disebut sebut akan kembali mengikuti seleksi itu.

Ketua Tim Seleksi KPU Sultra, Muhammad Najib Husain, menjelaskan, semua calon yang mendaftar KPU Sultra nanti punya peluang yang sama apakah itu incumbent maupun pendatang baru. Memang, dalam bimbingan teknis KPU RI, yang diharapkan lolos KPU Sultra adalah mereka yang punya pengalaman di bidang kepemiluan. Selain itu calon komisioner harus siap bekerja, bukan siap belajar.

“Pokoknya, apakah dia incumbent atau pendatang baru punya peluang untuk lolos,” ungkapnya.

Pihaknya tidak akan membeda-bedakan calon dalam seleksi nanti. Pasalnya, semua pendaftar memiliki kesempatan sama menjadi komisioner KPU.

Najib menjelaskan tahapan seleksi KPU Sultra nanti akan berbeda dari biasanya. Dulu, tes tertulis menggunakan cara manual. Namun seleksi kali ini sudah menggunakan komputer dengan sistem computer assisted test (CAT).

“Dan bisa jadi, yang punya pengalaman bisa jatuh dalam sistem ujian CAT kalau mereka grogi dengan sistem ujian seperti itu,” jelasnya.

Dalam pendaftaran komisioner KPU Sultra nanti, KPU RI sudah memberikan batasan. Menurut KPU RI, yang lolos dalam seleksi berkas nanti cuma 60 orang. Olehnya itu, akan ada penskoran yang dilakukan tim seleksi untuk menentukan 60 orang.

Meski ada batasan, namun pihaknya akan melihat kondisi yang ada. “Jangan sampai, peserta yang ikut seleksi nanti membeludak sehingga apa yang sudah ditetapkan KPU RI bisa saja berubah,” pungkasnya. (*/a)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk




©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top