Rakyat Sultra Online

Headline

94 Persen Warga Konawe Telah Miliki KTP-e

Ilustrasi e KTP

UNAAHA – Perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-e) masih terus berlangsung. Untuk di Kabupaten Konawe, masyarakat yang telah melakukan perekaman dan memiliki KTP elektronik sudah sampai 94 persen.

Tersisa 6 persen lagi masyarakat wajib KTP yang belum melakukan perekaman. Sisa enam persen ini tidak akan perna habis dikarenakan adanya penambahan wajib KTP tiap tahunnya dari siswa sekolah yang telah mencapai 17 tahun.

“Jumlah persentase perekaman KTP hanya akan sampai sebatas itu. Setiap saat ada penambahan wajib KTP karena banyak yang telah mencukupi usia wajib KTP, ” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dikdukcapil) Konawe, Kamis (1/2).

Rais mengatakan, memasuki masa pemilihan kepala daerah (Pilkada) ini wajib KTP baru ini menjadi keharusan untuk memiliki KTP elektronik. Olehnya itu, Pihaknya saat ini terpaksa menjemput bola dengan melakukan pelayanan mobile.

“Sekarang kita turun lapangan dan mendatangi sekolah-sekolah. Sasaran kita yakni para pemilih pemula. Turun lapangan ini hampir tiap saat kita lakukan, ” terang Rais.

Selain turun lapangan, Dikdukcapil tahun ini akan memaksimalkan peralatan perekaman yang ada di Kecamatan. Olehnya itu peralatan yang masih ada akan ditempatkan dikecamatan yang belum mempunyai alat perekaman.

Meski perekaman telah mencapai 94 persen, ternyata KTP yang belum cetak masih banyak. Setidaknya ada 6.695 Warga yang merekam belum tercetak. Terkait permasalahan ini, Dikdukcapil kurang mengetahui penyebab pastinya.

“Kita kurang paham, tapi ada yang baru merekam hari ini langsung tercetak. Sementara juga ada yang sudah berbulan-bulan belum cetak. Kemungkinan dikarenakan jaringan, ” jelas Rais. (*/a)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jalan Sehat 2018
Jalan Sehat 2018
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk

©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top