Rakyat Sultra Online

Konawe Raya

Roslina Jabat Plt Kadisdukcapil

Sjarif Sajang

ANDOOLO – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Konawe Selatan, Drs Rustam Silondae M.Si pensiun. Kini salah satu kantor pelayanan tersebut dipimpin oleh Sekretaris Disdukcapil, Roslina Ilyas sebagai pelaksana tugas (Plt) Kadisdukcapil Konawe Selatan (Konsel).

“Rustam Silondae pensiun pada tanggal 27 Januari lalu, maka Pemda sudah menunjuk pelaksana, yang kini dijabat sekretarisnya, Roslina dan sudah di SK-kan oleh Bupati,” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekda) Konsel, Ir Drs H Sjarif Sajang.

Menurut Sjarif, kekosongan jabatan di Disdukcapil itu sudah pernah di kordinasikan di Provinsi dan Depdagri. Bahkan pihaknya berharap dinas tersebut bisa diikutkan dalam asesment dan lelang jabatan bersamaan dengan 12 SKPD yang lalu. Hanya saja, kata dia saat di konsultasikan beberapa pihak terkait belum ada kesempatan.

“Disisi lain 12 Dinas kemarin harus segera dilantik, dan menjalankan anggaran, sementara Kepala Disdukcapil nanti tanggal 27 Januari baru pensiun akhirnya belum masuk dalam tahapan seleksi,” paparnya.

Sjarif berharap meskipun terjadi kekosongan, pelayanan catatan sipil di Konsel harus tetap berjalan optimal.

“Disdukcapil ini salah satu SKPD dengqn layanan vital bagi masyarakat. Jadi meskipun hanya Plt, saya harap pelayanan di capil jangan terganggu. Tetap berikan pelayanan secara maksimal. Sambil kita berkordinasi dengan pemrov dan Depdagri bagaimana bisa ada yang definitif,” pinta Sjarif.

Terkait SKPD pelayanan publik itu, tambah dia, sebelumnya pernah diisukan akan berubah menjadi dinas vertikal. Olehnya, jika sudah di ambil alih pusat, maka seluruh kebijakan, pembiayaan dan penganggaran penggajiannya harus melalui pusat.

“Kalau sudah vertikal, kita di daerah cukup memberikan dukungan validasi data baik tingkat kecamatan dan desa. Untuk mendukung terwujudnya pelayanaan kependudukan tersebut. Namun sampai sekarang masih APBD yang membiayai anggaran di Disdukcapil,” tambahnya. (ram/efn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk




©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top