Rakyat Sultra Online

Headline

TPAS Lara Bakal Disulap Jadi Lokasi Wisata

Bupati Koltim Tony Herbiansyah saat meninjau lokasi TPAS Lara.

TIRAWUTA – Saat ini wisata puncak tengah menjadi trend bagi para pecinta traveler di indonesia bahkan dari mancanegara. Salah satunya di Kolaka Timur (Koltim) daerah otonomi baru ini, tengah getol mengembangkan sektor pariwisata utamanya wisata puncak.

Meski tak memiliki keindahan bawah laut seperti Wakatobi serta replika Raja ampat pulau Meleura yang ada di Muna. Koltim hadir dengan wisata puncak yang saat ini tengah digandrungi oleh kalangan muda di Sultra.

Saat ini Pemda Koltim tengah menggenjot beberapa lokasi wisata puncak seperti puncak Mowewe yang berlokasi di pinggir jalan jalur Koltim-Kolaka, puncak Sorombipi yang berada di sekitar kompleks perkantoran bupati yang saat ini tengah menjadi viral di medsos serta air terjun Tetewa yang memiliki keindahan eksotis.

Kali ini, satu lagi tempat yang bakal disulap menjadi lokasi wisata, yakni tempat pembuangan akhir sampah (TPAS) modern, yang terletak di Desa Lara Kecamatan Tirawuta. Tak tanggung tanggung dana sebesar Rp 15,7 miliar yang bersumber dari APBN ini bakal mengemas dan menggabungkan TPAS dengan wisata.

Bupati Koltim Tony Herbiansyah mengatakan TPAS Lara ini tak hanya sekedar untuk menjadi penampungan sekaligus daur ulang sampah. TPAS ini akan disulap menjadi destinasi wisata unggulan Koltim yang mampu menarik minat masyarakat untuk berkunjung melepas penat.

“Nah, nantinya ini juga akan menjadi objek wisata favorit kita di Koltim. Akan menjadi tempat selfie unggulan lagi selain objek wisata Tetewa di Ueesi sana, Puncak Mowewe di Mowewe dan Puncak Sorombipi di belakang Kantor Bupati,” terang Tony beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Kepala Satker pengembangan sistem penyehatan lingkungan pemukiman (PSPLP) Sultra, Sahabuddin saat menyerahkan aset TPAS kepada Pemda menuturkan dari 11 TPAS yang ada di Sultra, yang di Koltim ini paling megah dan besar. “Ini diharapkan kepada Pemda Koltim untuk memanfaatkan dan merawatnya dengan baik sebagai aset yang berharga dan memiliki manfaat besar,” ucapnya.(*/a)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jalan Sehat 2018
Jalan Sehat 2018
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk

©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top