Rakyat Sultra Online

Headline

Arsalim Serahkan SAKIP Kemenpan-RB

Arsalim menyerahkan SAKIP kepada Deputi Reformasi Birokrasi Kemenpan-RB.

ANDOOLO – Untuk mempertahankan dan meningkatkan penilaian Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Wakil Bupati Konsel DR H Arsalim Arifin, SE M.Si menyerahkan surat pernyataan komitmen terkait Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan-RB) di Jakarta akhir pekan kemarin.

Penyerahan itu, di terima langsung oleh Deputi Bidang Reformasi, Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, M Yusuf Ateh di Jakarta, Jum’at (2/2).

Usai menerima Penyerahan komitmen peningkatan kinerja SAKIP Kabupaten Konsel 2018, M Yusuf Ateh memberikan arahan dan evaluasi kepada Pemda Konsel melalui Wabup Konsel H Arsalim, di antaranya agar memperbaiki dan menyinkronkan RPJMD ( Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) dengan SAKIP di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemda Konsel.

Dimana sistem itu merupakan integrasi dari sistem perencanaan, penganggaran dan pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan sesuai sasaran indikator kinerja yang di prioritaskan oleh Pemda.

“Di dukung dengan membangun suatu sistem aplikasi elektronik berbasis website atau e-Government di dalamnya terdapat sistem e-plan, e-budgetting, e-report, e-monev yg terintegrasi dan terpadu, dan kami bersedia melakukan pendampingan,” ungkapnya.

Lanjutnya, dengan berusaha mengoptimalkan penerapan Sistem SAKIP di seluruh instansi Pemkab di indonesia, bisa meningkatkan efisiensi anggaran. Namun untuk mewujudkan hal tersebut bukan hanya memotong anggaran, tapi Harus dimulai dengan memperbaiki pola penganggaran di setiap OPD berbasis kinerja.

Sedangkan, Wabup Konsel H Arsalim mengataka penyusunan dan penyerahan SAKIP adalah bentuk keseriusan dan komitmen Pemerintah daerah Konsel dalam hal ini Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga, sesuai penjabaran visi – misi Kabupaten Konsel kedepan.

Arsalim menuturkan untuk meningkatkan kinerja setiap OPD dengan sistem tata kelola pemerintahan yang baik dan bebas penyalahgunaan/korupsi yang bisa dipertanggung jawabkan, dengan selalu memperhatikan asas efektifitas dan efisiensi setiap pengalokasian anggaran.

“Dan setiap pimpinan OPD harus berkomitmen untuk mengimplementasikan SAKIP, dan memahami cara penerapannya serta melaksanakan cross cutting program dan kegiatan sesuai tujuan/sasaran kinerjanya,” urai Arsalim.

Dikatakannya, untuk penerapan sistem SAKIP, hasil kinerjanya harus terukur sesuai besaran outcome dengan sasaran strategis dan bisa di percaya atau diterima oleh masyarakat yang bertujuan untuk memacu pembangunan di Kabupaten Konsel demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera.

Menjawab arahan Deputi Kemenpan – RB terkait e-Government, Arsalim menyampaikan bahwa sejak tahun lalu telah dianggarkan dengan membuat aplikasi elektroniknya, dan terus di sempurnakan aplikasi pengukurannya (monitoring dan evaluasi) kinerja/e-Sakip yang akan terintegrasi dengan e-planing dan e-budgeting, serta mengimplementasikan hasil pengukuran kinerjanya dalam memberikan reward dan punishment kepada masing-masing OPD. (ram/ian)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk




©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top