Kolaka Raya

Evakuasi Rumit, Paus Terdapar Dibakar

Proses pembakaran bangkai ikan paus jenis sperma di pinggir laut Tompo Batu Kabupaten Bombana.

RUMBIA – Jarak tempuh yang cukup jauh dari daratan, bangkai Paus Sperma yang terdampar di pesisir laut Tompo Batu, Kecamatan Rumbia Kabupaten Bombana terpaksa dibakar lalu dikubur pada Sabtu (3/2).

Diketahui paus tersebut terdampar di Bombana sejak Rabu (31/1) kemarin dengan kondisi hidup namun terdapat luka disekucur tubuhnya, pada Kamis (1/2) paus raksasa ini sudah tidak bernyawa. Belum diketahui secara pasti apa penyebabkan ikan raksasa ini terdampar di laut Bombana dan mengalami luka robek di tubuhnya.

Kepala Satker Balai Pengelola Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Kendari, Jufri mengaku kesulitan dalam melakukan evakuasi ikan paus tersebut.

“Kendala utama yang dihadapi yaitu jarak tempuh hingga ke titik evakuasi sekitar 400 meter dan melintasi lumpur laut yang dalamnya 40 centi meter. Apa lagi bobot ikan yang cukup berat dan besar,” kata Jufri.

Sehingga pihak BPSPL bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bombana berinisiati membakar dan sisahnya dikubur.

Sebenarnya paus ini bagus untuk diabadikan, hanya proses evakuasinya sulit sekali. Makanya, ikan raksasa ini dibakar,” ucapJufri.

Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Bombana, Sarif SH mengungkapkan, agar tidak mempengaruhi ekosistem laut yang lainya bangkai ikan paus ini terus di evakuasi sampai bersih.

“Kami membakar paus tersebut dengan alat seadanya yaitu menggunakan kayu dan BBM namun ini tidak maksimal. Saya bersama pihak BPSPL terus berupaya untuk memusnakan bangkai ikan itu,” ujarnya.

Jufri juga menegaskan kepada masyarakat sekitar untuk tidak mengambil daging atau bagian tubuh hewan mamalia tersebut. Apalagi hewan ini termasuk hewan laut yang dilindungi. (r4/b/efn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top