Rakyat Sultra Online

Metropolis

Pengda FONI Sultra Dideklarasikan

Foto bersama Koordinator FONI Sultra dengan para penggiat orienteering yang ada di Sultra usai deklarasi Pengda FONI Sultra, Minggu (4/2).

KENDARI – Para penggiat orienteering di Sultra mendeklarasikan Pengurus Daerah (Pengda) Federasi Orienteering Nasional Indonesia (FONI) Sultra di aula Sinode SMA Swasta Oikumene, Minggu (4/2).

Orienteering merupakan olahraga dimana pesertanya menggunakan peta dan kompas untuk menemukan sejumlah lokasi kontrol di medan sebenarnya.

Pembentukan organisasi ini menindaklanjuti musyawarah nasional (munas) FONI yang telah dilaksanakan di Magelang, Jawa Tengah, pada 1 Desember sampai 3 Desember 2017. Dalam munas itu, setiap daerah diminta membentuk pengurus daerah (pengda) dan pengurus cabang (pengcab).

Pembentukan itu diharapkan dapat mendukung FONI dalam perkembangan orienteering di Indonesia khususnya di Sultra. Untuk di Sutra, FONI Pusat memberikan amanah kepada Rahmal Rail dan Dedi Apriadi sebagai Koordinator Pembentukan Pengda FONI Sultra.

Koordinator Pembentukan Pengda FONI Sultra, Dedi Apriadi, mengatakan organisasi olahraga orienteering di Indonesia sudah terdaftar dan memiliki AD/ART. FONI Pusat mencatat, terdapat sekitar 16 kepengurusan tingkat provinsi seluruh Indonesia yang terdaftar salah satunya Sultra.

“Setelah Pengda FONI Sultra dilantik dalam waktu dekat ini, lembaga inilah yang akan memayungi dan menjadi motor penggerak kemajuan olahraga orienteering di Sultra. Pengda FONI Sultra akan banyak melakukan pembinaan atlet untuk diikutkan pada event nasional maupun internasional,” jelas Dedi.

Di tempat yang sama, Koordinator Pembentukan Pengda FONI Sultra, Rahmal Rail, mengatakan usai deklarasi Pengda FONI Sultra, diharapkan 17 kabupaten/kota di Sultra bisa terbentuk. Masing-masing pengcab mesti membentuk sedikitnya lima klub orienteering.

“Selain berupaya agar pengcab di 17 Kabupaten/Kota di Sultra dideklarasikan, di bulan ini juga Pengda FONI Sultra akan melaksanakan coaching clinic tentang orienteering. Materi pelatihannya mulai dari pelatih, teknis lomba, penjurian, dan pembuatan peta orienteering,” jelas Rahmal Rail sebagaimana rilis yang diterima Rakyat Sultra, Minggu (4/2). (r1)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rumah Makan Union Kendari
Jalan Sehat 2018
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk

©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top