Rakyat Sultra Online

Pendidikan

TiO2 Dimanfaatkan Mencegah Jamur Kakao

Prof Muh Nurdin

KENDARI – Buah busuk tanaman kakao jadi salah satu faktor turunnya produksi kakao di Sultra. Namun selama ini belum ada temua pencegahan yang cukup efektif digunakan untuk menghilangkan jamur Kakao baik pada buat ataupun bunganya.

Salah satu Guru Besar FMIPA, Prof Muh Nurdin menuturkan, dengan pemanfaatan Ilmenit (TiO2) bisa jadi salah satu bahan untuk mencegah terjadinya pembusukan pada buah kakao. Sultra sebagai salah satu daerah penghasil terbesar nasional, tentunya produksi kakao harus tetap dipertahankan.

Riset yang sementara dikerjakannya itu, dengan memanfaatkan Ilmenit yang didopping atau meningkatkan kemampuannya dengan perak (Ag) untuk menjadi salah satu bahan yang bisa mencegah jamur Kakao.

“Ilmenit itu kita dopping dengan Ag untuk mencegah jamur buah Kakao. Riset ini sementara kita kembangkan, dan harapannya bisa membantu masyarakat Sultra khususnya di Kolaka dan Kolaka Utara sebagai sentrak produksi kakao dalam rangka pencegahan jamur buah,” jelasnya.

Selain itu, ada beberapa riset yang sementara dikerjakan di tahun 2018. Diantaranya, Kajian Fundamental Pengembangan Elektroda Berbasis Nanopartikel TiO2 Dari Mineral Ilmenite Alam Sebagai Pendeteksi Pollutant Organic Persistance (Pops), Optimasi Dan Penerapan Prototype Elektroda Sensor Cod Berbasis Mineral Ilmenit Alam (Feo.TiO2) dan Kelompok Pengolah Getah Pinus (Pinus Merkusii) di Desa Baini, Kecamatan Sampara Kabupaten Konawe – Sultra.

Sejumlah riset tersebut, dikerjakan dalam kurun waktu rata-rata tiga tahun. Riset yang dikerjakan itu, aku Nurdin ada yang berbasis skema Penelitian Berbasis Kompetensi (PBK), Penelitian Strategis Nasional Institusi (PSNI) maupun penelitian kemitraan masyarakat.

Pihaknya bukan saja mengerjakan riset baru, namun ada sejumlah riset lanjutnya yang masih dalam proses pengerjaan. Misalnya saja, pemanfaatan tandon kosong kelapa sawit untuk bahan pestisida, memanfaatkan pasir besi dari Tapunggaya dan Buton Utara untuk bahan sensor.

Dengan beberapa penelitian yang ada, pihaknya dibantu sejumlah mahasiswa, baik strata satu (S1) maupun jenjang pasca sarjana. (efn)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Jalan Sehat 2018
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk

©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top