Rakyat Sultra Online

Metropolis

TKD Kecamatan dan Kelurahan Meningkat Drastis

Susanti

KENDARI – Kini, Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) untuk Kecamatan dan Kelurahan di Kota Kendari mengalami kenaikan drastis yakni hampir 100 persen. Hal tersebut, dikatakan langsung Kepala Badan Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Kendari Susanti, saat ditemui diruang kerjanya.

Dasar pemberian Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) Kota Kendari berdasarkan Peraturan Walikota Kendari Nomor I Tahun 2009 tentang Tunjangan Kinerja Daerah (TKD). Besarnya TKD untuk suatu masa kinerja dihitung atas dasar komponen disiplin dan pencapaian kinerja sesuai tugas pokok dan fungsi dari jabatan struktural, staf, atau peran nyata melaksanakan tugas lainnya untuk suatu Masa Kinerja sesuai dengan Keputusan Walikota atau Kepala Satuan Kerja Komponen disiplin memiliki bobot 60 % sedangkan komponen pencapaian kinerja memiliki bobot 40%.

“TKD Kecamatan dan Kelurahan mengalami peningkatan. Olehnya itu, kinerjanya harus lebih ditingkatkan lagi. Pasalnya, mereka adalah ujung tombak dari pemerintahan di wilayahnya masing-masing,” jelasnya, Sabtu (3/2).

Dirinya menilai, Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) bagi Kecamatan dan Kelurahan masih rendah, sehingga diberi kenaikan hampir mencapai 100 persen.

“Tanggung jawab yang diemban oleh Kecamatan dan Kelurahan sangat besar, makanya Walikota menaikkan TKD kurang lebih 100 persen. Sebelumnya hanya 1,2 juta rupiah menjadin 2,5 juta rupiah untuk Kelurahan dan Kecamatan,” cetus Susanti.

Sementara itu, untuk Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) juga mengalami kenaikan, hanya saja tidak seperti Kecamatan dan Kelurahan. Kenaikannya hanya berkisar 200 ribu.

“Kita menambah dana 11 milyar khususnya untuk kenaikan TKD. Untuk TKD kepala SKPD dari 3,5 juta menjadi 5 juta, kenaikannya ini kurang lebih 60 persen. Kenaikan ini, tentunya diperkuat dengan Peraturan Walikota (Perwali) Kendari dengan Nomor 1 Tahun 2009 tentang Tunjangan Kinerja Daerah,” tambahnya.

Maka dari itu, dirinya berharap dengan kenaikan TKD, Kecamatan dan Kelurahan harus terus meningkatkan kinerja dan disiplin. Termasuk para Satuan Kerja Perangkat Daerah dan para pegawai.

“Penilaian tunjangan dilihat berdasarkan kinerjanya dan kenaikannyapun bervariasi,” tutupnya. (p11)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk




©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top