Rakyat Sultra Online

Metropolis

Dikeluhkan Masyarakat, DPRD Bakal Tinjau Lokasi PT CAM

Rasid 

KENDARI- Anggota Komisi II DPRD Sultra, Rasid bakal meninjau lokasi PT Cipta Agung Manis (CAM) Kecamatan Mbuke Konsel yang dikeluhkan masyarakat karena dinilai telah mengambil lahan masyarakat juga Hutan Tanaman Industri (HTI).

Rasid menjelaskan, saat melakukan reses, masyarakat mengeluhkan akan tindakan PT yang bergerak dibidang tepung tapioka tersebut. Masyarakat khwatir debit air semakin berkurang jika PT Cam terus meramba HTI.

Selain itu, kata mereka (masyarakat,red) tidak bisa lagi bercocok tanam karena lahannya telah dicaplok PT Cam. Olehnya, itu kata Rasid, pihaknya bersama dinas terkait untuk melakukan kunjungan pada perusahaan tersebut.

“Nanti kami cek dulu seperti apa keluhan masyarakat ini. InsyaAllah kami akan pengecekan pada Kamis ini,” terangnya.

Dijelaskan, sebelumnya PT Cam bekerja sama dengan masyarakat yakni penyediaan bibit dan lahan produksi langsung disiapkan dari PT CAM. Namun diperjalanan masyarakat menilai PT Cam telah mengmabil lahan HTI juga lahan mereka untuk dijadikan lahan produksi.

“Masyarakat mulai merasa dirugikan, karena PT Cam sudah banyak mengambil lahan masyarakat juga hutan lindung lainnya,” ungkapnya.

PT Cam sendiri kata dia, sudah mulai beroperasi sejak tahun 2007. Seingat politisi PKS itu menilai PT Cam hanya memiliki izin Hak Guna Usaha (HGU).

“Kami akan cek juga perizinannya. Kalau memang bermasalah yah nanti kita panggil reses. Karena ini tuntutan masyarakat,” tutupnya. (m4)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk




©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top