Rakyat Sultra Online

Muna Raya

Gedung Baru Puskesmas Marobea Resmi Beroperasi

Bupati Muna Barat, LM Rajiun Ilaihi Tumada membuka pintu Puskesmas Marobea saat peresmian.

LAWORO – Bupati Muna Barat LM Rajiun Tumada, Selasa (6/2) meresmikan gedung baru Puskesmas Marobea, Kecamatan Sawerigadi. Peresmian gedung Puskesmas Marobea ini merupakan bentuk komitmen Pemkab Mubar untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang nyaman dan memadai.

Kepala Dinas Kesehatan Mubar NS Hidayat S.Kep M.Kes mengatakan, bangunan Puskesmas Marobea dibangun pada 2017 dengan anggaran Rp2 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK). “Insyaallah bangunan ini, sudah memenuhi syarat sesuai ditetapkan oleh Menteri Kesehatan,” ujar Hidayat.

Hidayat menyebut, Puskesmas Marobea akan menjadi salah satu puskesmas yang akan menjalani proses akreditasi pada 2018 ini. Untuk menghadapi proses akreditasi itu, Dinas Kesehatan harus mendatangkan dokter sebagai salah satu syarat agar Puskesmas bisa menjalani akreditasi.

“Puskesmas Marobea ini termasuk puskesmas yang akan diakreditasi. Saat ini kita tinggal menyiapkan dana untuk mendatangkan dokter umum dan dokter gigi. Kalau gedung sudah memenuhi syarat, bahkan bisa menjadi cerminan bagi Puskesmas lain di Mubar,”ujarnya.

Sementara itu Bupati Muna Barat LM rajkun Tumada mengatakan, Puskesmas Marobea berada di daerah sentral Kota Laworo yang akan melayani pasien di sejumlah desa di Kecamatan Sawerigadi.

Dia juga menyebut, untuk menghadapi akreditasi masih ada hal-hal yang harus dikerjakan seperti pagar puskesmas, penimbunan lingkungan puskesmas dan hal-hal lain yang harus segera dikerjakan. Karena itu, untuk menyelesaikan semua itu Rajiun meminta kepada seluruh SKPD ikut berpartisipasi.

“Tahun 2018 Puskesmas Marobea akan diakreditasi, masih banyak hal yang harus dikerjakan seperti pagar, timbunan untuk penataan lingkungan, kalau kita menunggu anggaran maka membutuhkan waktu yang lama maka diharapkan partisipasi lintas SKPD, karena akreditasi ini penting menyangkut pelayanan kesehatan masyarakat,” pungkasnya. (p1/b/aji)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk




©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top