Rakyat Sultra Online

Headline

Mobdis Plt Bupati Buton Terguling

Mobil dinas yang ditumpangi istri Plt Bupati Buton dalam posisi terguling setelah menabrak tebing, Selasa (6/2).

PASARWAJO – Sebuah mobil Toyota Fortuner warna hitam dengan nomor polisi DT 7302 CC mengalami kecelakaan lalulintas (lakalantas) di Jalan Poros Pasarwajo-Baubau. Tepatnya pada tikungan Desa Waanguangu, Pasarwajo, Buton, Senin (6/1) sekitar pukul 10.00 Wita.

Mobil dinas (Mobdis) yang dikemudikan Fazian (21) warga Desa Laburunci Kecamatan Pasarwajo merupakan mobil dinas Pelaksana tugas (Plt) Bupati Buton, La Bakry.

Saat terjadi lakalantas, mobil yang mengarah Kota Baubau tersebut ditumpangi Ibu Delia Montolalu (41) istri Plt Bupati Buton, Sapriati (27) keponakan istri Plt Bupati Buton.

Mobil Dinas tersebut menabrak batu, kemudian meluncur ketebing, hingga akhirnya terguling, kembali menghadap arah Pasarwajo. Beruntung istri Plt Bupati Buton dan keponakannya termasuk sopir selamat dari kejadian lakalantas tersebut.
“Mobil itu menabrak batu dan langsung terguling satu kali,” kata, Ramli, penjual yang berjarak 50 meter dengan tempat kejadian perkara (TKP), saat ditemui di pondoknya, Selasa (6/2).

Dikatakannya, saat terjadinya lakalantas di TKP tengah hujan rintik-rintik, saat itu dirinya duduk santai menjaga jualannya. Kemudian, lanjut dia, sontak mendengar bunyi keras, nampak di depan matanya menyaksikan sebuah mobil dalam kondisi terbalik. Tampa berpikir panjang pria berusia 60 tahun itu, lari kearah mobil untuk membantu penumpang dalam mobil.

“Saya dengar dulu bunyi kemudian langsung lari bantu, saya singkirkan dulu barang, saat itu ibu masih berada di dalam mobil, sedangkan mobil dalam posisi terbalik. Saya tidak tau kalau itu istrinya La Bakry,” jelas, warga Desa Waanguangu ini.

Ia juga menuturkan orang pertama yang keluar terlebih dahulu dalam mobil yakni sopir, disusul kemanakan istri Plt Bupati dari pintu bagian tengah, sementara itu ibu Plt Bupati Buton sudah berada diposisi belakang, sehingga ia dikeluarkan lewat pintu bagian belakang mobil dibantu warga sekitar dan sopir pribadi mobil istri Plt Bupati Buton. “Pas keluar ibu itu dalam keadaan sadar, tapi sempat saya dengar dia sedang berzikir,” tuturnya.

Sambung dia, istri Bupati bersama keponakannya sempat dibawah di pondoknya, diberi air aqua untuk menenangkan diri, namun tidak lama kemudian keponakan istri Bupati tersebut langsung pingsan. “Tidak lama datang polisi, dan Polisi Pamong Praja langsung membawah ibu menuju Rumah Sakit,” ucapnya.

Menurut saksi mata, di TKP tersebut sering terjadi kecelakaan. Selama tiga tahun ia menjual ditempat tersebut, telah menyaksikan puluhan kendaraan baik motor dan mobil tiba-tiba mengalami lakalantas tunggal. “Pernah ada kejadian kecelakaan mobil Pertamina, saat itu ia hindari tebing, tapi langsung masuk dalam hutan, kecelakaan terjadi pada awal tahun 2017,” pungkasnya.

Peristiwa itu dibenarkan AKBP Andi Herman, Kapolres Buton, membenarkan telah terjadi lakalantas tunggal pada Selasa (06/2) sekitar pukul 10.00 wita di Jalan Poros Pasarwajo – Baubau tepatnya di Desa Waanguangu Kec. Pasarwajo Kab. Buton.
“Tapi atas kejadian kecelakaan tersebut pengemudi dan penumpang tidak mengalami luka-luka dan hanya mengalami benturan dan trauma. Sedangkan kendaraan rusak berat, penyot pada seluruh bagian,” tuturnya.

Untuk TKP, kata dia, telah diamankan oleh Satuan Polisi Lalulintas Polres Buton, sedangkan mobil dinas yang ditumpangi oleh istri Plt Bupati Buton telah dievakuasi.

Kapolres Buton menambahkan istri Plt Bupati bersama kemanakannya sempat dilarikan ke Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasarwajo, untuk diperiksa kondisi kesehatannya. “Tapi setelah dicek tidak ada luka-luka, saat ini sudah kembali ke rumah ,” katanya.

Seorang petugas ruangan UGD ditemui ditempat penjagaan membenarkan bahwa istri Plt Bupati Buton bersama kemanakannya sempat dirawat di UGD, namun tidak berlangsung lama. “Pukul 12.00 wita sudah keluar, kembali ke rumahnya,” ujarnya.

Saat kejadian La Bakry tengah berada di Kantor Bupati menjalankan tugas-tugasnya sebagai Plt Bupati Buton. “Mendengar kecelakaan tersebut ia langsung bergegas menuju ruang UGD RSUD Pasarwajo,” pungkasnya. (p2/b/hum)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Jalan Sehat 2018
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk

©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top